Antara Software Apotek Berlangganan atau Beli Putus

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Saat Anda menjalankan bisnis apotek, mungkin Anda memerlukan software atau aplikasi untuk membantu dalam pengelolaan di apotek, dari pengelolaan persediaan, karyawan, data pelanggan, dll. Biasanya Anda akan dihadapkan pada pilihan beli putus atau berlangganan aplikasi. Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya untuk menentukan mana yang terbaik bagi bisnis apotek Anda. Anda juga akan dihadapkan pada pilihan software untuk retail umum atau software khusus apotek. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perbedaan software retail umum dengan software khusus apotek, bisa dibaca disini.

Kebanyakan dulu orang memilih sistem beli putus karena dianggap lebih simple dan tidak merepotkan. Namun, perkembangan teknologi digital dan sistem online yang semakin maju. Kini tren sudah bergeser ke arah sistem berlangganan. Sebagai contoh untuk keperluan mendengarkan musik. Dulu orang membeli kaset atau CD untuk mendengarkan musik, namun sekarang sudah banyak aplikasi online yang berlangganan seperti Spotify dan Youtube Music.

Lalu bagaimana dengan software pengelola apotek? Lebih baik beli putus atau berlangganan? Simak perbedaan kedua sistem tersebut.

Perbedaan Berlangganan Aplikasi atau Beli Putus

Software beli putusSoftware berlangganan
– Pembayaran dilakukan di awal saat ‘membeli’ aplikasi, relatif mahal dibayar di awal pembelian
– Full akses fitur namun tidak ada support dan update setelah pembelian
– Perlu memikirkan biaya maintenance jika sewaktu-waktu software bermasalah
– Jika ada masalah, perlu mencari bantuan sendiri
– Tidak fleksibel karena sudah membeli sehingga tidak bisa dikembalikan
– Biasanya merupakan software yang offline

– Pembayaran secara berkala selama periode waktu tertentu (contoh : per-bulan atau per-tahun) selama menggunakan
– Full akses fitur, support, dan update selama berlangganan
– Tidak perlu memikirkan biaya maintenance
– Penyedia software akan menyediakan contact support dan teknisi selama berlangganan, sehingga jika ada masalah masih menjadi tanggung jawab penyedia software
– Lebih fleksibel karena hanya membayar selama masa berlangganan
– Biasanya merupakan software online
Perbedaan software beli putus dan berlangganan

Perbedaan mendasar berada pada sistem pembayaran. Pada sistem beli putus, Anda akan membayar di awal dengan nominal yang relatif lebih besar untuk membeli aplikasi. Anda akan membeli produk dalam sekali bayar. Atau bisa diartikan Anda akan membeli izin kepemilikan produk software/aplikasi dalam sekali bayar. Sedangkan pada sistem berlangganan, Anda akan membayar secara berkala selama periode waktu tertentu (bisa per bulan, per tahun) selama Anda berlangganan menggunakan aplikasi. Bisa disebut juga, Anda menyewa software tersebut.

Kelebihan Sistem Berlangganan

Beberapa kelebihan sistem berlangganan antara lain,

  • Penggunaan lebih mudah dan simple, karena biaya langganan sudah termasuk semua akses, fitur, update, dan bantuan jika terjadi masalah. Anda tidak perlu memikirkan biaya maintenance dan tambahan biaya lainnya selama menggunakan aplikasi
  • Relatif lebih murah, karena Anda tidak harus merekrut karyawan IT sendiri dalam pengembangan aplikasi. Sistem yang berlangganan memungkinkan Anda untuk mendapatkan update fitur, konsultasi jika ada masalah dan support untuk keperluan tambahan fitur sesuai kebutuhan apotek Anda
  • Biasanya sebelum berlangganan, vendor aplikasi menyediakan akses terhadap aplikasi secara gratis untuk trial, sehingga Anda dapat mencoba dan menilai aplikasi apakah membantu Anda atau tidak
  • Lebih fleksibel, karena Anda hanya membayar selama waktu berlangganan. Jika Anda tidak puas atau tidak membutuhkan lagi, Anda bebas untuk tidak memperpanjang langganan.

Memilih software di apotek bisa menjadi keputusan besar dalam bisnis apotek Anda. Mempelajari dan membandingkan antar sistem menjadi hal yang perlu Anda lakukan untuk melengkapi kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi contact support vendor penyedia aplikasi jika diperlukan atau meminta demo produk untuk meyakinkan Anda.

Apotek Digital sebagai software dengan sistem berlangganan

Apotek Digital merupakan software di era digital berbasis cloud yang akan membuat pengelolaan apotek menjadi mudah dan efisien. Dengan berbagai fitur unggulannya serta layanannya yang purna. Apotek Digital menyediakan berbagai support selama berlangganan seperti update fitur gratis, tim teknis dan support yang siap sedia setiap Anda memiliki kendala dan pertanyaan, demo produk gratis, dan training karyawan untuk menggunakan Apotek Digital jika dibutuhkan.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *