Lima Hal Penting Dalam Memilih Software Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Software pengolah apotek diperlukan dalam manajemen sebuah apotek karena bisa membantu menyederhanakan aktivitas pengelolaan di apotek. Oleh karenanya penting untuk memilih software pengolah apotek yang tepat. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi terhadap software apotek.

Ketika Anda membuka apotek baru ataupun ingin merubah sistem pengelolaan apotek saat ini, ingatlah bahwa anda tidak hanya semata-mata mengelola bisnis apotek tetapi juga memberikan perawatan yang berkualitas kepada pelanggan dan komunitas Anda. Oleh sebab itu perubahan sistem pengelolaan seharusnya dibuat lebih mudah oleh software pilihan Anda .

Banyaknya sistem software yang ditawarkan cukup membuat Anda harus benar-benar teliti untuk memilih mana yang paling tepat dengan sistem manajemen apotek Anda karena setiap software mempunyai keunggulan maupun kelemahan dalam operasionalnya.

Berikut ini adalah lima faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih software untuk bisnis apotek Anda,

Memiliki Fitur Lengkap, Mudah Digunakan

Buat daftar fitur dan karakteristik yang diperlukan untuk apotek Anda dari sebuah software. Sebaiknya mempunyai banyak fitur dan manfaat yang mampu untuk melakukan hal-hal seperti menyimpan informasi (seperti data produk dan pelanggan), mengekspor data ke format yang lain, membuat laporan, melakukan analisis (penjualan, pembelian, keuangan), menampilkan rekomendasi pengadaan, fitur kasir, dll. Penting juga untuk memilih software yang user friendly atau mudah dalam pengoperasiannya, baik oleh orang yang paham teknologi maupun tidak. Carilah vendor yang mampu menawarkan solusi yang tepat atas masalah manajemen Anda.

Multi Platform dan User Tidak Terbatas

Carilah software yang dapat diakses dengan sistem operasi apapun di device Anda. Bisa diakses di komputer, handphone, maupun tablet. Sehingga memungkinkan untuk akses kapanpun dimanapun. Pastikan juga software dapat diakses oleh banyak pengguna sehingga karyawan di apotek masing-masing bisa mengaksesnya lewat device-nya masing-masing.

Memberikan Pelatihan Pengoperasian Software

Mintalah vendor untuk memberikan pelatihan bagaimana program software digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh software sehingga Anda dapat melihat program tersebut dan menjelajahi antarmuka, pengembangan, dan kinerjanya. Yang terbaik adalah memastikan bahwa software memenuhi semua kriteria yang Anda butuhkan. Anda dapat mencari tahu dengan menghubungi Customer Service penyedia Software, menghubungi kontak website atau sosial media, atau meminta demo/pelatihan.

Software Terus Berkembang

Jangan hanya memikirkan kebutuhan dalam jangka pendek saja, namun rencanakan juga investasi jangka panjang dari sistem manajemen apotek Anda tanpa harus mengganti sistem software. Setidaknya cari tahu apakah software berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan atau update fitur.

Pelayanan Vendor Setelah Pembelian

Sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan penyedia software. Buatlah hubungan kerjasama dan sikap saling mendukung. Selain itu, vendor software harus mudah dihubungi jika sewaktu-waktu Anda ada kendala dan memerlukan bantuan.

Apotek Digital sebagai Software Apotek Terbaik

Software Apotek Digital menawarkan pelayanan aspek-aspek di atas, dimana fiturnya lengkap, mudah digunakan, multiplatform, user tidak terbatas, software yang terus akan dikembangkan oleh tim, contact support yang bersedia dikontak kapan saja, pelayanan optimal terhadap pelanggan, dan harga yang bersaing. Apotek Digital berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal dalam membantu pengelolaan apotek para pebisnis apotek. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemilihan software dapat dibaca di sini.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *