Pertimbangkan Hal Ini Ketika Ingin Menggunakan Aplikasi Kasir di Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Kasir atau sistem POS (point of sale) biasanya digunakan di apotek ketika transaksi penjualan produk/obat ke pasien/pelanggan. Perkembangan teknologi di era digital ini menyebabkan fitur kasir sudah menjadi kebutuhan di apotek, diantaranya untuk mempermudah dan merekap data penjualan serta terhubung dengan data inventaris di apotek. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aplikasi kasir di apotek,

Mudah digunakan

Aplikasi di kasir bertujuan untuk memudahkan berbagai transaksi di kasir, sehingga harus mudah digunakan baik oleh orang yang familiar dengan teknologi maupun belum.

Tersinkronisasi dengan data inventaris apotek

Pastikan kasir sudah tersinkronisasi dengan data inventaris atau stok produk di apotek, sehingga pengguna dapat mengetahui stok terbaru dan data stok yang akurat. Sinkronisasi stok dengan kasir berguna untuk memantau stok produk yang telah terjual sehingga otomatis berkurang. 

Terhubung dengan laporan

Pastikan seluruh transaksi yang diinput di kasir akan terhubung dengan berbagai laporan, seperti laporan penjualan, laporan persediaan dan laporan keuangan. Sehingga sistem secara otomatis akan membuatkan laporan berdasarkan seluruh transaksi di apotek.

Bisa input data pelanggan

Loyalitas pelanggan menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan bisnis apotek dan diperlukan data pelanggan untuk mendukung program loyalitas pelanggan. Fitur kasir memungkinkan untuk pengguna menginput data pelanggan. Data pelanggan nantinya dapat digunakan apotek untuk mengevaluasi performa penjualan dan memberikan promo, voucher, atau informasi kepada pelanggan.

Bisa memilih metode pembayaran

Memungkinkan pelanggan dapat membayar dengan berbagai pilihan metode pembayaran, selain tunai bisa kredit, transfer antar bak, QRIS, e-money, atau kartu debit/kredit. Berbagai pilihan metode pembayaran ini akan memudahkan dalam transaksi dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Multidevice dan dapat digunakan lebih dari satu user

Pastikan sistem kasir dapat digunakan oleh berbagai device seperti komputer, handphone atau tablet. Hal ini untuk memudahkan transaksi di apotek. Sehingga tidak perlu lagi khawatir jika apotek sedang ramai, masing-masing karyawan dapat melayani transaksi penjualan dengan membuka kasir di handphone-nya. Transaksi yang diinput pun akan terupdate secara otomatis.

Fitur Kasir di Software Apotek Digital

Apotek Digital sebagai software pengolah apotek dengan fitur lengkap, dilengkapi juga dengan fitur kasir yang mudah digunakan, tersinkron dengan data inventaris apotek, dapat menginput data pelanggan, terhubung dengan laporan, dapat memilih berbagai metode pembayaran, dan multidevice, dan dapat digunakan oleh lebih dari satu user. Fitur kasir juga bisa dihubungkan dengan printer bluetooth thermal untuk memudahkan dalam pencetakan struk serta terhubung barcode scanner. Selain itu, kasir melalui handphone (mobile app) dapat melakukan scan barcode menggunakan kamera handphone. Untuk mempelajari mengenai software apotek terbaik di era digital dapat dibaca disini.

https://www.youtube.com/watch?v=NbE52iGMWRk

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *