Ilmu yang Perlu Diketahui Saat Membangun Bisnis Apotek

Lena Tiara Sany, S.Farm 2 min read

Saat Anda memutuskan untuk membangun bisnis apotek, tentu Anda harus membekali diri dengan ilmu agar apotek terus tumbuh dan berkembang. Kebutuhan masyarakat terhadap obat dan sediaan farmasi semakin meningkat dan mendorong apotek sebagai salah satu sarana kefarmasian semakin banyak bermunculan. Oleh karena itu agar tetap kompetitif dan semakin dicintai pelanggan, Anda perlu menambah ilmu untuk mempertahankan dan menjadikan apotek Anda lebih baik.

(Baca juga : Skill yang Harus Dimiliki Apoteker Sebagai Pebisnis Apotek)

Beberapa ilmu yang perlu Anda ketahui saat membangun bisnis apotek diantaranya :

  • Untuk apotek yang baru buka, prioritasnya adalah ilmu marketing atau pemasaran
  • Saat apotek mulai ramai, prioritasnya adalah ilmu service excellent
  • Saat apotek sudah mencapai BEP (break event point) dan mulai memperoleh keuntungan, prioritasnya adalah ilmu sistemasi persediaan dan sistemasi bisnis
  • Saat apotek sudah memiliki omzet yang semakin besar, penting untuk mulai membangun dan mendatangkan tim profesional (pengelolaan karyawan)

Ilmu Marketing atau Pemasaran

Ilmu marketing penting bagi setiap bisnis, baik yang baru berjalan maupun yang sudah berjalan, untuk menghasilkan profit atau keuntungan. Beberapa pentingnya marketing bagi apotek diantaranya :

  • Untuk mengenalkan atau mempromosikan apotek Anda ke masyarakat
  • Mengenalkan layanan apa saja yang disediakan apotek
  • Meningkatkan penjualan produk di apotek
  • Membangun reputasi apotek

(Baca juga : Rumus Memenangkan Persaingan Bisnis Apotek)

Pemasaran di tahap awal apotek berdiri juga sangat penting untuk mengenalkan apotek kepada masyarakat. Beberapa strategi marketing yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Membangun campaign di sosial media
  • Mengadakan soft opening sebelum grand opening untuk mencari tahu kesulitan yang terjadi sehingga dapat diperbaiki pada saat grand opening
  • Menyebarluaskan informasi mengenai grand opening apotek, seperti melalui media sosial dan membagikan brosur kepada masyarakat di sekitar apotek
  • Mengadakan acara yang bisa mengundang banyak orang saat grand opening, seperti pemeriksaan kesehatan secara gratis, senam sehat bersama, dan memberikan promo & doorprize khusus opening

(Baca juga : Tips Ampuh untuk Meningkatkan Omzet Apotek Baru Buka)

Ilmu Service Excellent

Jika apotek sudah mulai ramai pelanggan, Anda juga harus mengetahui ilmu service excellent. Apotek harus mengerti bagaimana caranya melayani pelanggan dengan baik. Sehingga dapat memberikan nilai tambah, memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, serta dapat menjadi pembeda dan identitas unik bagi apotek Anda. Tujuannya adalah membuat pelanggan menjadi loyal terhadap apotek Anda.

Service excellent bukan berarti Anda perlu menyiapkan pelayanan yang mewah. Namun, sebisa mungkin apotek dapat konsisten dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan bahkan melebihi ekpektasi pelanggan sehingga menghasilkan pelayanan optimal yang disukai pelanggan. Contohnya dengan memberikan pelayanan yang ramah, tidak lambat, pemberian informasi obat yang cukup, dan lain-lain.

(Baca juga : Cara Jitu untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Apotek Anda)

Ilmu Sistemasi Persediaan

Sadarkah Anda bahwa item produk di apotek sangat banyak, bisa ratusan hingga ribuan item produk? Oleh karena itu, pengelolaan persediaan di apotek membutuhkan pengendalian dan sistemasi. Tujuannya diantaranya agar pengelolaan persediaan baik, apotek tidak merugi karena stok kosong maupun menumpuk, mengetahui pergerakan keluar masuk stok, serta menghindari kerugian karena stok kadaluarsa dan hilang. Dengan sistem persediaan yang baik maka ketersediaan barang di apotek akan terjaga, penolakan pelanggan berkurang sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan penjualan di apotek.

(Baca juga : Pengelolaan Sediaan Farmasi yang Baik di Apotek)

Ilmu Sistemasi Bisnis

Saat apotek Anda sudah banyak dikenal, berkembang, dan memiliki cabang. Selanjutnya penting bagi Anda untuk menggali pengetahuan mengenai sistemasi bisnis. Sistemasi bisnis merupakan cara agar apotek Anda terus berkembang dengan tetap konsisten pada satu tujuan dengan membangun kembali hubungan yang baik antara karyawan maupun pelanggan. Konsistensi ini dapat diraih dengan serangkaian prosedur yang dirancang untuk meningkatkan efisisiensi, produktivitas, dan keselarasan dalam menjalankan bisnis.

Misalnya, Anda mempunyai 2 cabang apotek, maka sebaiknya dilakukan penyelelarasan antara cabang 1 dan 2, agar pelanggan apotek anda merasa nyaman dan senang berbelanja di apotek Anda meskipun berbeda cabang. Nah, apakah Anda pernah berbelanja namun hanya ingin ke cabang tertentu saja meskipun banyak cabang tersedia? Jika iya, itulah yang harus Anda perhatikan sebagai pebisnis dengan apotek banyak cabang.

Ilmu Pengelolaan Karyawan

Mengelola karyawan memegang peranan penting bagi kelangsungan operasional di apotek. Perkembangan apotek sangat dipengaruhi oleh kualitas karyawannya. Oleh karena itu, pebisnis apotek harus memikirkan juga bagaimana caranya agar karyawan berkembang dan loyal terhadap apotek. Memiliki karyawan yang kompeten dan loyal tentu menjadi harapan pebisnis di apotek. Karyawan loyal biasanya karena bekerja sesuai passion/minatnya, serta didukung oleh lingkungan kerja yang baik.

(Baca juga : Tips Mengelola Karyawan di Apotek)

Itulah beberapa ilmu yang perlu diketahui saat membangun bisnis apotek, dengan harapan apotek terus tumbuh dan berkembang. Semakin bertumbuhnya apotek, semua aktivitas tidak bisa dilakukan sendiri secara manual. Sudah saatnya, Anda memanfaatkan software apotek yang mudah dan handal yaitu Apotek Digital. Dengan Apotek Digital, Anda bisa memantau apotek dari mana saja kapan saja. Semua transaksi bisa diinput dalam satu sistem, laporan dan analisis akan dibuatkan secara otomatis dan akurat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur peran dan hak akses karyawan secara custom dan detail. Sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan strategi untuk membuat apotek terus tumbuh dan berkembang. Penasaran apa saja fiturnya? Coba gratis disini.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *