Ingin Membeli Obat Secara Online Dengan Aman?  Simak Tips Berikut Ini!

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Perkembangan teknologi membawa mereka berbagai kemudahan, salah satunya adalah di bidang kesehatan. Saat ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan dan membeli obat secara online. Anda tidak harus langsung ke apotek untuk bisa memenuhi kebutuhan obat Anda. 

Layanan pembelian obat secara online ini  sangat direkomendasikan karena mudah didapatkan di masa pandemi Covid-19. Membeli obat secara online dianggap sebagai langkah yang tepat di masa pandemi ini. Keadaan new normal  menyebabkan masyarakat beradaptasi dengan lingkungan saat ini. 

Ada banyak manfaat membeli obat dan vitamin secara online, namun berhati-hatilah saat memilih apotek online yang terpercaya. Beberapa toko obat online mungkin menjual obat-obatan yang tidak aman  atau diambil secara ilegal. Untuk menghindari penyesalan atau pengaruh buruk terhadap pembelian obat-obatan Anda  secara online, Anda perlu memastikan bahwa:

Pastikan Legalitas Apotek 

Ada banyak sekali toko obat  di web sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih apotek online yang terpercaya. Pastikan apotek yang Anda pilih untuk membeli obat resmi dilindungi oleh badan hukum yang kuat. Demikian pula untuk obat-obatan yang dijual di apotek, pastikan  semua produk yang dijual  memiliki BPOM.

Temukan apotek online terlengkap dan terpercaya untuk menghindari berbagai efek negatif membeli obat secara online. Anda dapat menemukan apotek online terpercaya dengan mempertimbangkan legalitas.

Gunakan Resep Dokter Anda  

Beberapa obat dapat digolongkan sebagai obat keras sehingga diperlukan resep dokter sebelum membeli obat tersebut. Sangat tidak disarankan untuk  membeli obat-obatan yang tergolong  obat keras tanpa  resep dokter karena  dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Beberapa  Apotek online mempunyai fasilitas yang  lengkap biasanya memiliki kemampuan mengganti obat dengan mudah dengan resep dokter. Anda juga bisa menggunakan website apotek online untuk menanyakan obat yang ingin Anda beli dari apoteker terpercaya di apotek online yang Anda kunjungi. 

Beli Obat Dan Vitamin Sesuai Kebutuhan  

Sebaiknya anda bijak  dalam hal membeli obat-obatan dan vitamin. Dengan banyaknya diskon dan promosi gratis ongkos kirim dari sebuah apotek online, Anda bisa membeli obat dan vitamin secara berlebihan dan melebihi kebutuhan Anda. Sangat dianjurkan untuk membeli jumlah obat-obatan dan vitamin  yang benar-benar Anda butuhkan.

Periksa Izin Edar Obat 

Anda dapat memeriksa izin pemasaran obat untuk memastikan bahwa obat yang  Anda beli dapat dikonsumsi dengan aman. Tentunya obat-obatan yang sudah mendapat izin edar dari BPOM bisa dikonsumsi tanpa ragu-ragu. Anda dapat menggunakan aplikasi Cek BPOM untuk memverifikasi izin edar obat yang akan Anda beli.

Periksa Tanggal Kadaluarsa Obat 

Selain memastikan bahwa tempat Anda membeli obat aman dan obat yang akan Anda beli  memiliki persetujuan pemasaran, penting juga untuk mengetahui tanggal kadaluarsa obat Anda. Sebelum Anda mengkonsumsi obat Anda, pastikanlah dengan bertanya kepada penjual  bahwa obat yang Anda beli tidak kedaluwarsa atau mendekati tanggal kadaluarsa.  

Demikian rangkuman beberapa tips agar lebih aman dan nyaman membeli obat di apotek  melalui apotek online reguler yang baru. Pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan obat dan vitamin selama new normal. Pastikan masa transisi ini tidak mempersulit pemenuhan kebutuhan Anda

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *