Penting, Amankan Data Bisnis Apotek Anda!

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Halo sobat pebisnis apotek. Sudahkah Anda peduli dengan keamanan data apotek Anda? Atau masih beranggapan bahwa data apotek Anda sudah sangat aman?

Data menjadi hal yang sangat berarti di era digital seperti saat ini. Terlebih bagi seorang pebisnis, data dapat menjadi sumber daya untuk menyusun strategi dan membuat keputusan di dalam bisnis Anda. Tapi apa jadinya jika data Anda dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang atau mungkin datanya hilang sehingga tidak dapat diakses lagi? Tentu ini akan menjadi masalah serius bagi bisnis apotek Anda.

Berikut ada beberapa rekomendasi dan tips yang bisa pebisnis apotek lakukan untuk memaksimalkan keamanan data apotek,

1. Cloud computing

Cloud computing adalah metode penyimpanan berbagai jenis data dan layanan di internet yang dikelola oleh pihak pengelola layanan. Contoh beberapa penyedia layanan cloud yang populer di Indonesia antara lain Indonesian Cloud, Amazone Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan IBM Cloud. Daripada menyimpan banyak data atau file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau handphone, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan Anda untuk menyimpan file secara aman dan dapat mengaksesnya selama Anda memiliki akses ke internet. Baca lebih lanjut di Data Apotekmu Lebih Aman dengan Cloud.

2. Lakukan backup data secara berkala

Backup data adalah proses membuat salinan data/file sebagai upaya pencegahan kerusakan dan kehilangan data. Backup data juga berfungsi untuk menyiapkan keamanan sistem sehingga nantinya jika ada data yang hilang karena kesalahan/human error dapat dipulihkan kembali. Setidaknya, backup data dilakukan sebagai upaya preventif untuk menghindari kehilangan atau kerusakan data. Untuk pengguna Software Apotek Digital tidak perlu khawatir, backup data sudah dilakukan oleh sistem secara otomatis setiap harinya.

3. Baca kebijakan privasi dari pihak penyedia software

Kebijakan privasi adalah pernyataan atau dokumen hukum yang mengungkapkan beberapa atau semua cara suatu pihak mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan mengelola data pelanggan atau klien. Penting untuk membaca kebijakan privasi dari pihak penyedia aplikasi/software, jika penyedia Aplikasi Anda tidak memiliki kebijakan privasi, maka perlu dipertanyakan. Software Apotek Digital dilengkapi dengan kebijakan privasi yang dapat dilihat pada link berikut https://apotekdigital.com/privacy

4. Penyedia software adalah perusahaan indenpenden

Pastikan juga pihak penyedia aplikasi adalah perusahaan yang independen, bukan bagian dari perusahaan yang terkait dengan bisnis farmasi lainnya seperti mempunyai apotek sendiri, distributor, atau industri dalam struktur perusahaannya. Mengapa? Karena bisa saja data apotek Anda akan digunakan untuk kepentingan lain. Silahkan pastikan kebijakan privasi nya jika Anda ingin tetap menggunakannya.

5. Atur hak akses karyawan untuk fitur yang ada di aplikasi

Pebisnis apotek perlu untuk melakukan pengaturan hak akses karyawan (otorisasi). Jangan terlalu mempercayakan karyawan/pihak lain dengan memberikan akses diluar wewenangnya. Jika di aplikasi yang Anda gunakan tidak dapat mengatur hak akses karyawan sesuai dengan wewenangnya, itu akan sangat membahayakan bisnis Anda karena data bisnis Anda bisa saja bocor. Untuk pengguna aplikasi Apotek Digital, Anda bisa manfaatkan fitur Roles & Permissions/pengaturan hak akses untuk mengatur hak akses setiap akun yang menggunakan Aplikasi secara custom dan detail sesuai dengan kebijakan di apotek Anda.

6. Gunakan keamanan berlapis

Gunakan keamanan berlapis! Aplikasi Apotek Digital baru saja merilis fitur untuk meberikan kode PIN pada shift kasir. Sehingga untuk karyawan shift kasir yang sedang tidak di apotek meskipun bisa login, mereka tidak akan bisa bergabung ke shift yang sedang berjalan kecuali memiliki kode PIN yang dibuat otomatis oleh sistem ketika shift dibuka. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pihak yang masuk shift merupakan karyawan atau pihak yang berwenang saja.

Tampilan untuk masuk shift di Software Apotek Digital

Demikian beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memastikan data bisnis di apotek aman. Bagaimana? apakah setelah membaca tulisan ini Anda merasa lebih aman? Jika Anda ingin semuanya lebih mudah, percayakan aplikasi manajemen Apotek Anda kepada Software Apotek Digital. Satu aplikasi lengkap dan handal untuk kemudahan bisnis Apotek Anda. Apotek Digital merupakan software yang memperhatikan keamanan data mitra/penggunanya. Sehingga, selanjutnya pebisnis apotek dapat fokus kepada strategi bisnis dan pelayanan kefarmasian untuk melesatkan pertumbuhan bisnis Apotek.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *