Data Penjualan Apotek yang Perlu Dimonitor Secara Rutin

Lena Tiara Sany, S.Farm 3 min read

Data menjadi salah satu hal penting yang harus ada saat menjalankan suatu bisnis termasuk bisnis apotek. Salah satunya adalah data penjualan apotek. Dengan adanya data penjualan yang akurat, apotek bisa membuat keputusan berdasarkan analisis data dan menentukan strategi bisnis agar apotek semakin tumbuh dan berkembang.

Dari berbagai macam data yang ada di apotek, data penjualan termasuk data yang wajib diperhatikan. Apotek sebagai sarana pelayanan kefarmasian sekaligus bisnis retail farmasi, pasti melakukan transaksi penjualan. Data penjualan apotek ini berisi informasi mengenai transaksi penjualan produk dan jasa yang terjadi di apotek setiap harinya

Manfaat Memonitor dan Mengevaluasi Data Penjualan Apotek

Tidak hanya berjualan, apotek perlu memonitor dan mengevaluasi data penjualannya. Dengan adanya data, maka apotek mempunyai dasar dalam menentukan kebijakan dan strategi dalam pengembangan bisnis. Beberapa manfaat rutin melakukan evaluasi data penjualan apotek diantaranya :

  • Menilai kinerja performa apotek
  • Dasar penentuan kebijakan dan strategi pengembangan bisnis
  • Mencegah berbagai kerugian atau kebocoran di apotek

(Baca juga : Waspadai Kebocoran Kasir Saat Penjualan di Apotek!)

Data Penjualan Apotek yang Perlu Dimonitor Secara Rutin

Terdapat beberapa jenis data penjualan apotek yang dimonitor dan dievaluasi secara rutin, diantaranya sebagai berikut.

Jumlah transaksi harian

Transaksi harian merupakan kegiatan keluar masuk barang baik adanya pembelian atau penjualan. Jumlah transaksi harian dapat digunakan untuk mengetahui berapa transaksi penjualan dalam sehari, menilai ramai/tidaknya apotek, serta untuk mengetahui performa karyawan dan tim pershift

Total penjualan dan keuntungan penjualan

Salah satu data yang ingin diketahui setiap pebisnis apotek adalah berapa total dan keuntungan penjualan, baik dalam satu shift, sehari, maupun sebulan. Nilai total penjualan (omzet) dan keuntungan menjadi dasar dalam laporan laba rugi apotek.

Jika apotek sudah berjalan lama biasanya sudah memiliki target omzet. Hal ini tentu membantu anda dalam melakukan evaluasi secara rutin terhadap omzet yang dihasilkan. Data omzet harian/mingguan/bulanan akan sangat membantu untuk mengetahui produktivitas apotek. Semakin sering dilakukan evaluasi akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi lainnya agar apotek dapat terus berkembang. Selain itu apotek dapat menyesuaikan pengeluaran sedini mungkin jika apotek belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Retur penjualan

Data retur penjualan tidak kalah penting. Dengan data ini Anda bisa mengetahui berapa penjualan yang diretur atau dikembalikan oleh pelanggan beserta alasannya.

Produk terlaris

Produk terlaris merupakan produk yang penjualannya lebih banyak (paling laris) dalam periode waktu tertentu, misal produk terlaris dalam satu bulan. Pencatatan mengenai penjualan produk terlaris penting untuk menjaga stok produk tersebut selalu sesuai dengan kebutuhan sehingga terhindar dari adanya penolakan terhadap pelanggan dan untuk mengoptimalkan penjualan.

Penjualan tertolak

Di apotek, terkadang apotek tidak dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Sehingga apotek bisa saja menolak pelanggan karena produk yang diinginkan tidak tersedia di apotek. Oleh karena itu, pencatatan mengenai produk yang tertolak, baik karena produk belum tersedia atau stoknya sedang kosong ini juga dapat dijadikan acuan anda dalam melakukan evaluasi rutin. Anda dapat mempertimbangkan hasil evaluasi tersebut untuk pengadaan produk selanjutnya. Sehingga, dengan begitu Anda dapat meminimalisir penolakan yang terjadi dan pelanggan tidak lari ke tempat lain untuk membeli produk yang dibutuhkannya.

(Baca juga : Jangan Sampai Apotek Anda Menolak Pelanggan!)

Jam dan hari sibuk apotek

Analisis jam dan hari sibuk apotek bisa memberikan informasi pada jam dan hari apa saja biasanya apotek ramai. Data ini bisa apotek manfaatkan untuk mengatur strategi seperti pengaturan jumlah orang dalam satu shift.

Selisih kas dalam satu shift

Selisih kas merupakan keadaan dimana adanya ketidaksesuaian antara nominal yang tercatat dengan jumlah nominal fisik yang ada, bisa saja kekurangan atau kelebihan. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti salah dalam input harga, adanya kecurangan ataupun kesalahan dalam memberikan harga kepada pelanggan.

Kas yang sering selisih tentu akan merugikan apotek Anda. Laporan keuangan yang ada tidak lagi mencerminkan kondisi keuangan yang sebenarnya. Selain itu, dapat menjadi celah kebocoran kas karena selisih sering diabaikan. Sehingga dibutuhkan monitor dan evaluasi rutin terhadap selisih kas dimulai dari shift setiap harinya untuk menjaga dari kebocoran yang merugikan apotek.

(Baca juga : Mengenal Laporan Keuangan di Apotek)

Mudahnya Memonitor dan Mengevaluasi Data Penjualan dengan Software Apotek Digital

Mengumpulkan, memonitor, hingga mengevaluasi data penjualan tentu bukanlah hal yang mudah jika dilakukan secara manual. Karena membutuhkan waktu dan usaha yang ekstra. Apalagi jika Anda memiliki lebih dari 1 bisnis akan sangat menguras waktu, bukan? Oleh karena itu, software Apotek Digital dapat membantu Anda dalam melakukan evaluasi bisnis, termasuk data penjualan. Melalui fitur yang lengkap dari laporan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan disertai dengan analisis akan memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi. Dilengkapi juga dengan berbagai analisis untuk memudahkan Anda dalam menentukan keputusan yang tepat sesuai dengan data riil time apotek.

Melakukan evaluasi data dan analisis membutuhkan waktu yang ekstra, apalagi jika anda memiliki lebih dari 1 bisnis, akan sangat menguras waktu anda, bukan ? Oleh karena itu, Apotek Digital dapat membantu anda dalam melakukan evaluasi bisnis. Melalui fitur yang lengkap dari laporan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan akan memudahkan anda dalam melakukan evaluasi, serta dilengkapi dengan berbagai analisis untuk memudahkan anda dalam menentukan keputusan yang tepat sesuai dengan data riil time apotek anda. Dan pastinya dilengkapi sistem keamanan khusus agar apotek anda terhindar dari kecurangan yang dapat merugikan apotek.

Data penjualan dalam bentuk dashboard penjualan di software Apotek Digital

Rasakan kemudahan mengelola apotek dengan Apotek Digital sekarang juga. Coba Gratis disini!

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *