Laporan Shift : Kunci Utama Mencegah Kebocoran Keuangan di Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Istilah shift bisa diartikan sebagai sistem kerja bergantian dengan personel dan periode kerja yang berbeda. Untuk apotek biasanya menerapkan 2 shift kerja (shift pagi dan sore) atau 3 shift kerja (jika apotek buka 24 jam). Laporan shift apotek menyajikan informasi berbagai transaksi yang terjadi pada suatu shift jaga. Diantaranya siapa karyawan yang masuk/bertugas di shift, rekapan transaksi (baik penjualan dan pembelian), dan berapa nilai kas yang seharusnya terkumpul di satu shift.

(Baca juga : Waspadai Kebocoran Keuangan di Apotek Anda!)

Manfaat Laporan Shift di Apotek

Laporan shift di apotek merupakan kunci utama untuk pengendalian keuangan di apotek. Dengan laporan ini, pebisnis apotek bisa dengan mudah mengetahui jika ada ketidaksesuaian dan segera melakukan perbaikan dan mitigasi. Bisa dibayangkan jika apotek tidak membuat laporan shift, maka berbagai celah kerugian tidak bisa dideteksi, seperti kebocoran pada keuangan, kebocoran pada pengelolaan stok, serta tindak kecurangan yang bisa merugikan apotek. Berikut beberapa manfaat laporan shift di apotek.

(Baca juga : Empat Tanda Keuangan Apotek Sedang Tidak Sehat)

Mengurangai kesalahan pada keuangan

Laporan shift dapat menjadi cara terbaik untuk mengetahui dan mengurangi kesalahan pada keuangan. Karena laporan ini berfokus kepada transaksi yang ada di suatu shift, sehingga bila ada kesalahan bisa lebih mudah diketahui penyebabnya dan dikoreksi ketimbang baru diketahui setelah 1 minggu atau 1 bulan. Dengan rutin mencatat dan memeriksa transaksi pada satu shift seperti rekapan transaksi penjualan, pembayaran faktur, maka Anda bisa mengurangi kesalahan pada pembayaran dan keuangan.

Meningkatkan akurasi dan efisiensi

Dengan rutin mencatat dan memeriksa laporan shift, akan meningkatkan akurasi dan efisiensi kerja. Pebisnis/owner dapat mengetahui kondisi apotek, seperti berapa nilai transaksi dalam satu shift, apakah ada penyesuaian karena stock opname, dan lain-lain. Karyawan juga akan lebih mudah ketika ada pergantian shift karena setiap transaksi di satu shift sudah terekap.

(Baca juga : Penyebab Selisih dan Penyesuaian Saat Stok Opname di Apotek)

Mencegah kerugian

Laporan shift merupakan kunci utama untuk pengendalian keuangan dan mencegah kerugian/kebocoran keuangan di apotek. Dengan laporan ini, pebisnis apotek dapat menelusur lebih mudah jika ada kerugian atau selisih keuangan. Akan lebis sulit untuk mengetahui jika ada kerugian ketika sudah berlalu lebih lama. Jika tidak adalaporan ini bisa-bisa kerugian tidak terdeteksi dan akan semakin besar merugikan apotek.

Penggunaan Laporan Shift di Software Apotek Digital

Penggunaan sistem apotek dengan fitur yang lengkap dan handal dapat membantu dalam pengelolaan apotek lebih mudah dan efisien. Dengan software Apotek Digital, pebisnis bisa dengan mudah memantau performa dan kondisi apotek, salah satunya melalui laporan shift jaga yang detail. Laporan ini berisi informasi mengenai waktu buka-tutup shift, siapa saja karyawan yang masuk shift, rekapan transaksi, dan perhitungan uang kasir. Anda juga mengatur untuk menyembunyikan nilai rekap transaksi oleh sistem, sehingga karyawan akan memasukkan nominal uang kasir tanpa mengetahui berapa uang seharusnya. Dengan begitu, akan diketahui apakah ada selisih keuangan atau tidak. Ini dapat mempermudah Anda untuk mengendalikan keuangan dan menelusuri jika ada selisih atau ketidaksesuaian.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *