Apotek Tidak Berkembang Bahkan Bangkrut, Ini Dia Penyebabnya!

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Sebagai seorang pembisnis tentunya anda akan berharap mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan bisnis di bidang Farmasi seperti Apotek yang merupakan salah satu bisnis yang dianggap memiliki prospek yang menjajikan. Bagaimana tidak? saat dunia digencarkan oleh pandemi Covid19 yang berdampak besar pada sektor perekonomian, bisnis apotek justru mendapatkan peningkatan keuntungan yang berlipat.

Namun, tak jarang juga terdapat pembisnis Apotek yang tidak dapat mengembangkan bisnisnya dan berakhir bangkrut karena hal-hal yang tidak disangka-sangka. Meskipun terdapat banyak faktor penyebab kebangkrutan bisnis Apotek, akan tetapi kebangkrutan suatu bisnis Apotek dapat terjadi karena hal-hal berikut ini :

Salah perhitungan antara pemasukan dan pengeluaran

Pencatatan berupa pemasukan dan pengeluaran ini penting dilakukan untuk membantu anda mengetahui posisi keuangan bisnis anda. Jangan sampai biaya operasional yang anda keluarkan (seperti gaji karyawan, pembayaran listrik, air, dsb) lebih besar berkepanjangan dibandingkan dengan pemasukan yang anda dapat sehingga menyebabkan bisnis Apotek anda malah rugi

Harga obat di apotek anda terlalu mahal

Harga obat ini sangat penting untuk anda pertimbangkan. Obat dengan harga mahal yang berbeda dengan Apotek yang ada di sekitar anda dapat membuat pelanggan enggan balik lagi dan berpaling ke Apotek lain yang menjual dengan harga yang lebih murah sehingga anda akan kehilangan banyak pelanggan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum menjual obat-obat baru di Apotek anda ya!

Kurang terkontrolnya perencanaan dan pengadaan barang

Perencanaan hingga pengadaan barang di apotek ini juga sangat penting anda lakukan untuk memprediksi kebutuhan persediaan obat dalam jangka waktu tertentu. Sehingga stok produk yang ada di apotek dapat memenuhi sesuai kebutuhan pelanggan atau pasien. Jangan sampai anda kesulitan saat akan melakukan pengadaan barang selanjutnya dan membeli produk hanya dengan menebak sehingga pengadaan barang menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan atau performa di apotek.

Kurang memperhatikan ketersediaan obat

Pemantauan ketersediaan obat ini sangat diperlukan karena berkaitan dengan pelayanan terhadap pasien serta dapat mempengaruhi fungsi pemasaran dan keuangan Apotek anda. Jangan sampai pelanggan anda berpaling karena stok obat yang kosong, sedangkan produk lain yang kurang laku menumpuk hingga Expired Date bahkan rusak.

Sekarang, kamu dapat menggunakan software Apotek Digital yang berbasis cloud untuk membantu anda dalam mengelola bisnis Apotek. Dengan fitur yang lengkap, mengelola Apotek seperti membuat memantau apotek dimana saja kapan saja, membuat berbagai laporan keuangan secara otomatis, analisis dalam melakukan pengadaan, deteksi produk berpotensi rugi dan mendekati exipred date menjadi lebih mudah dan banyak fitur lainnya yang dapat membuat apotek Anda berkembang dan untung. Hanya dengan klik klik anda sudah dapat memantau perkembangan bisnis Apotek anda 🙂

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *