Bolehkah Apoteker Mengganti Obat di Resep?

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Salah satu pelayanan kefarmasian di apotek adalah pelayanan terhadap resep. Seringkali ada pertanyaan, bolehkah apoteker mengganti obat di resep? Seringkali obat yang diresepkan dokter adalah obat bermerek. Ketika pasien/pelanggan datang ke apotek untuk menebusnya, terkadang merek obat di resep tidak tersedia, atau pasien tidak mampu menebusnya karena terlalu mahal. Lalu apakah apoteker boleh mengganti obat di resep tersebut?

Empat Jenis Obat

Sebelumnya, perlu dibahas dahulu beberapa jenis obat. Menurut Permenkes Nomor HK.02.02/Menkes/068/1/2010 tentang Kewajiban Menggunakan Obat Generik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah, ada empat jenis obat, yaitu :

  • Obat paten, yaitu obat yang memiliki hak paten. Obat ini baru diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan farmasi yang memiliki hak paten atas produksi obat tersebut
  • Obat generik, yaitu obat dengan nama resmi INN (International Non Propietary Names) yang ditetapkan Farmakope Indonesia atau buku standar lain sesuai dengan nama kandungan zat aktif
  • Obat generik bermerek, yaitu obat generik dengan nama dagang yang diberikan oleh produsen pembuat obat
  • Obat esensial, yaitu obat terpilih yang dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat mencakup upaya profilaksis, diagnosis dan terpai yang tercantum dalam Daftar Obat Esensial yang ditetapkan Menteri Kesehatan

Sesuai Permenkes Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayananan Kefarmasian di Apotek. Resep merupakan permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi kepada apoteker baik dalam bentuk paper maupun eletronik untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien. Resep berisi informasi nama obat, kekuatan, dosis, bentuk sediaan, dan jumlahnya. Oleh karena itu, apoteker harus melayani resep yang datang. Aktivitas pelayanan resep meliputi skrining/kajian resep, penyiapan obat, dan pemberian obat kepada pasien disertai dengan pemberian informasi obat.

Apakah apoteker boleh mengganti obat di resep?

Lalu, apakah apoteker boleh mengganti obat di dalam resep jika obat tidak tersedia atau pasien tidak mampu menebusnya? Sesuai dengan Permenkes Nomor 9 Tahun 2017 Pasal 21 ayat (2) tentang Apotek. Dituliskan bahwa dalam hal obat yang diresepkan terdapat merek dagang, maka apoteker dapat mengganti obat merek dagang tersebut dengan obat generik selama komponen zat aktifnya sama atau menggantinya dengan obat merek dagang lain atas persetujuan dokter dan/atau pasien.

Jadi, kesimpulannya apoteker boleh mengganti obat merek tertentu dengan obat merek lain atau generiknya selama zat aktifnya sama atau ekivalensi farmasetiknya. Untuk dapat merekomendasikan merek lain atau generik dengan zat aktif yang sama, apoteker/TTK bisa mencarinya di internet atau buku kefarmasian. Cara lainnya adalah dengan menggunakan software pengolah apotek yang dapat membantu semua kegiatan pengelolaan di apotek, seperti Apotek Digital. Dengan Apotek Digital, pengguna dapat mencari obat lain yang memiliki zat aktif sama yang tersedia di apotek sehingga dapat dengan mudah merekomendasikannya ke dokter dan/atau pasien.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *