Kenali Manfaat Dashboard dalam Bisnis Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Dashboard adalah istilah dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan suatu alat untuk menyajikan data atau informasi secara real time. Diperlukan dalam suatu bisnis karena memberi kemudahan pengguna dalam membaca data. Umumnya dashboard menyajikan data disertai grafik dan matriks visual. Biasanya digunakan dalam sistem yang berbasis online, sehingga data yang disajikan terbaru dan dapat diakses dimana saja kapan saja.

Dashboard menampilkan informasi penting yang dapat mempengaruhi keberjalanan dan keputusan di apotek. Beberapa manfaatnya dalam bisnis apotek, antara lain

Dapat melihat performa apotek dengan cepat

Performa apotek dengan cepat dan menyeluruh dapat dilihat di dashboard. Disertai dengan informasi, data, dan visualisasi yang menarik dan informatif. Contoh, pengguna dapat melihat performa penjualan harian atau bulanan berupa berapa total penjualan dan nilai keuntungan dengan cepat. Pengguna tidak perlu mendata dan menghitung secara manual dalam menilai performa penjualan apotek.

Membantu menentukan keputusan

Strategi bisnis apotek harus didasarkan atas keputusan yang berbasis pada data real di apotek. Data di dashboard merupakan data yang akurat sesuai dengan kondisi bisnis apotek dan sudah diolah. Oleh karena itu, pelaku bisnis dapat mengambil keputusan berdasarkan data sehingga jauh dari bias atau dugaan. Data yang informatif dapat menampilkan informasi-informasi seperti performa apotek, analisis jam/waktu sibuk apotek, status persediaan, rekapan penjualan dan pembelian, data produk terlaris, dll. Tentu hal-hal tersebut mempengaruhi pebisnis dalam membuat keputusan di apotek.

Menunjukkan masalah yang perlu ditindaklanjuti

Selain menampilkan data dalam bentuk matrik visual, dashboard juga menampilkan informasi apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan oleh penggunanya. Karena sudah memiliki indikator yang mempengaruhinya. Contohnya, terkait pengingat hutang-piutang yang membantu pengguna untuk menindaklanjuti hutang-piutang di apotek. Atau data terkait produk yang berpotensi rugi dan mendekati kadaluwarsa, sehingga pengguna dapat menindaklanjuti produk tersebut seperti dengan melakukan return ke PBF.

Menghemat biaya

Dashboard membantu pebisnis apotek membaca data lebih cepat. Sistem akan menghitungkan secara otomatis berdasarkan semua transaksi di apotek. Tentu ini akan menghemat waktu dan menghemat biaya. Pebisnis apotek tidak perlu membuat laporan secara manual atau membayar orang untuk melakukan pengolahan data dan perhitungan.

Dashboard yang informatif dari Apotek Digital

Apotek Digital adalah software pengolah apotek yang dapat membantu semua aktivitas pengelolaan di apotek. Salah satunya dengan fitur dashboard yang informatif, akurat, dan real time. Data dan informasi ditampilkan secara jelas disertai dengan grafik dan matrik visual sehingga dapat membantu pengguna dalam melihat performa apotek dengan cepat, menentukan keputusan dan strategi bisnis, menunjukkan masalah yang perlu ditindaklanjuti, dan menghemat biaya dalam operasional apotek. Apotek Digital menampilkan empat jenis dashboard yaitu dashboard umum, penjualan, pembelian, dan persediaan. Informasi ini dapat membantu pengguna dalam melihat performa apotek dengan cepat, membantu menentukan keputusan, dan sebagai evaluasi terkait masalah yang harus ditangani.

Untuk lebih lanjut, Anda dapat membaca terkait Tips Memilih Software Apotek dan Software Apotek Terbaik di Era Digital.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *