Pentingkah Mencatat Utang Piutang di Apotek?

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 1 min read

Dalam menjalankan bisnis termasuk apotek, tidak terlepas dari kegiatan pengelolaan modal dan keuangan, termasuk dalam transaksi utang dan piutang. Transaksi utang dan piutang di apotek cukup lazim digunakan di apotek karena alasan keterbatasan cash atau prioritas penggunaan cash untuk hal lainnya. Oleh karena itu, penting bagi apotek untuk mencatat dan mengelola transaksi ini.

(Baca juga : Apa Kaitan Antara Omzet, Profit, dan Cash di Apotek?)

Transaksi utang di apotek dan contohnya

Utang dapat didefinisikan sebagai uang yang dipinjam dari orang/pihak lain sehingga ada kewajiban untuk mengembalikannya sesuai batas waktu yang disepakati.

Transaksi utang di apotek biasanya dilakukan dari apotek kepada PBF (Pedagang Besar Farmasi) atau supplier. Apotek membeli produk dari supplier dengan cara kredit, pembayaran dilakukan ketika jatuh tempo. Atau contoh lainnya, ketika apotek membutuhkan modal untuk pengembangan apotek, bisa saja modal merupakan hasil pinjaman kepada pihak lain seperti bank. Ini juga merupakan utang apotek.

(Baca juga : Tips Pengadaan Obat yang Efektif di Apotek)

Transaksi piutang di apotek dan contohnya

Piutang dapat diartikan hak pembayaran milik apotek terhadap suatu pihak karena telah menerima produk/jasa tetapi belum membayarnya dengan lunas. Dengan begitu, pihak tersebut mempunyai kewajiban membayar kepada apotek sesuai dengan waktu jatuh temponya.

Transaksi piutang di apotek contohnya adalah transaksi pembelian dari pelanggan apotek di kasir, namun pembayaran dilakukan secara berutang terlebih dahulu atau dibayar nanti.

(Baca juga : Waspada, Celah Kerugian yang Mengintai Apotek Anda!)

Pentingnya Mencatat Transaksi Utang Piutang di Apotek

Transaksi baik utang maupun piutang di apotek perlu dicatat dengan baik karena akan mempengaruhi cash flow apotek. Apotek mempunyai kewajiban untuk membayar utang dan menagih/mengingatkan piutang kepada pelanggan. Anda dapat memanfaatkan software apotek yang handal seperti Apotek Digital untuk mencatat dan memonitor utang piutang di apotek. Apotek Digital merupakan sistem informasi manajemen apotek yang didesain khusus sesuai kebutuhan apotek, termasuk dalam manajemen keuangan dan utang piutang. Dengan begitu Anda tidak perlu mencatat secara manual, bahkan ada pengingat notifikasi untuk mengingatkan Anda jika ada utang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat.

Contoh fitur utang usaha di Apotek Digital

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *