Kisah Nyata : Beberapa Bentuk Kecurangan Karyawan di Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Ada saja celah kecurangan karyawan di apotek. Jika pebisnis apotek merekrut karyawan yang tidak jujur ditambah adanya celah untuk melakukan kecurangan. Inilah yang akan memperbesar potensi kerugian apotek Anda.

Tanpa atau menggunaan sistem dalam pengelolaan apotek, sebenarnya celah kecurangan karyawan tetap ada. Namun, penggunaan sistem atau software sangat membantu dalam mencegah, mendeteksi, dan menghindari kebocoran karena kecurangan karyawan. Apotek yang masih dikelola secara manual tentu sulit untuk mengetahui dan mencegah jika ada kecurangan. Bisa Anda bayangkan jika dalam satu shift saja, karyawan curang mengambil Rp100.000, berapa kerugian dalam satu bulan? Belum lagi jika pemilik apotek tidak stand by di apotek. Pebisnis apotek tidak bisa percaya 100% kepada karyawan dalam hal keuangan apotek. Anda harus tahu bagaimana kondisi persediaan dan keuangan apotek Anda.

(Baca juga : Tips Menghindari Kecurangan Karyawan di Apotek)

Di artikel kali ini, penulis akan merangkum beberapa bentuk kecurangan karyawan di apotek yang dialami mitra Apotek Digital. Ingat, walaupun celah kecurangan ini tetap ada walaupun apotek sudah menggunakan sistem. Tetapi dengan menggunakan software Apotek Digital, pemilik apotek dapat dengan mudah mendeteksi adanya kecurangan dan mencegahnya. Berikut beberapa kasusnya.

Karyawan mengambil uang kasir

Kasus ini yang paling sering terjadi di apotek. Karyawan mengambil uang kasir atau uang hasil penjualan produk. Berbagai trik dilakukan oleh karyawan yang curang. Seperti uang hasil penjualan yang tidak dicatat dan tidak disertai struk penjualan langsung masuk ke dompet karyawan, atau dikumpulkan dahulu di dekat meja kasir, lalu di akhir shift diambil.

Ini tidak bisa dibiarkan! Pebisnis apotek perlu memonitor berapa hasil penjualan atau omzet hingga keuntungan penjualan produk. Jika dalam satu shift saja karyawan mengambil uang Rp50.000, berapa kerugian dalam satu bulan? Tentu lama-lama apotek merugi. Apalagi jika pemilik apotek tidak stand by di apotek, pengelolaan apotek dilakukan manual, dan karyawan curang.

Sebagai pemilik apotek Anda bisa menghindari hal ini dengan memasang CCTV di area sekitar kasir, menerapkan laporan shift, memberi struk penjualan kepada pelanggan agar karyawan menginput transaksi penjualan di sistem, dan rutin memantau performa penjualan apotek lewat aplikasi Apotek Digital.

Karyawan menaikkan harga jual produk

Salah satu mitra Apotek Digital bercerita bahwa ada oknum karyawannya yang menaikkan harga jual produk. Padahal apotek sudah menggunakan sistem, hak akses sudah dibatasi, dan transaksi penjualan disertai dengan struk. Ini diketahui pemilik apotek setelah ada laporan dari pelanggan apotek bahwa pelayanan apoteknya buruk dan harga produknya terlalu mahal melalui ulasan Google. Awalnya karyawan menjual produk namun tidak memberikan struk.

Inilah pentingnya apotek memilih sistem yang bisa membatasi hak akses karyawan secara detail disertai log aktivitas karyawan untuk menelusuri jika ada transaksi yang mencurigakan. Dengan software Apotek Digital, Anda dapat mengatur hak akses karyawan misal akun kasir tidak bisa mengubah harga jual produk. Dilengkapi juga log aktivitas karyawan.

Contoh fitur pembatasan hak akses di software Apotek Digital

Karyawan mengambil produk di apotek

Selain mengambil uang kasir, karyawan curang juga bisa mencuri produk dari apotek. Apalagi jika apotek belum tersistem, akan dengan mudah karyawan mencuri produk tanpa ketahuan.

Ada beberapa tips untuk menghindari kecurian produk di apotek. Diantaranya menggunakan software apotek, memasang CCTV di area penyimpanan produk, rutin melakukan stok opname. Jika perlu lakukan body check ketika karyawan akan pulang atau meninggalkan apotek.

(Baca juga : Cara Melakukan Stock Opname yang Efektif di Apotek)

Itulah beberapa kasus kecurangan karyawan yang sering ditemukan di apotek berdasarkan pengalaman mitra Apotek Digital. Penggunaan software yang lengkap dan handal seperti Apotek Digital akan sangat membantu Anda dalam mencegah berbagai potensi kecurangan dan kerugian di apotek. Investasi minimal dengan manfaat yang maksimal. Jadikan software sebagai investasi untuk membuat apotek Anda tumbuh dan berkembang. Coba gratis, disini.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *