Branding Bisnis Apotek : Apa Manfaatnya dan Bagaimana Melakukannya?

Lena Tiara Sany, S.Farm 3 min read

Sebagai pebisnis apotek, Anda mungkin saja membutuhkan usaha ekstra untuk dapat mengenalkan apotek Anda kepada masyarakat agar dapat memperluas pasar. Salah satunya adalah dengan melakukan branding bisnis apotek. Terlebih lagi di zaman sekarang dimana pertumbuhan jumlah apotek semakin meningkat. Branding bisnis apotek merupakan usaha dalam memperkenalkan apotek kepada masyarakat sekitar dengan menciptakan persepsi yang kuat tentang produk ataupun jasa yang ada sehingga dapat melekat di benak masyarakat. Dalam dunia bisnis, branding dapat juga diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah brand dalam rangka menimbulkan perspektif pada pelanggan. Branding tidak hanya perlu dilakukan oleh apotek baru, tetapi juga apotek lama. Butuh waktu yang relatif lama dan kosistensi usaha untuk bisa menciptakan brand dari suatu image apotek.

(Baca juga : Skill yang Harus Dimiliki Apoteker Sebagai Pebisnis Apotek)

Manfaat Melakukan Branding Apotek

Apotek perlu melakukan branding bisnisnya agar lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan begitu diharapkan dapat membawa masyarakat untuk lebih memahami kelebihan ataupun perbedaan yang ada di apotek Anda dengan apotek yang lainnya. Sehingga apotek memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dan membuat apotek Anda lebih unggul di benak masyarakat. Beberapa manfaat melakukan branding bisnis apotek diantaranya sebagai berikut.

Sebagai Identitas Apotek

Sebelum memustuskan membuka apotek, Anda pasti sudah memikirkan nama apotek, logo apotek, tagline apotek, hingga warna yang diterapkan di Apotek anda, bukan? Nah, itu merupakan hal yang akan menjadi identitas apotek. Sehingga pemilihannya pun tidak dapat dilakukan secara asal-asalan karena sebisa mungkin harus mencerminkan identitas apotek Anda.

Biasanya sebuah perusahaan ataupun apotek akan memiliki nama, logo, dan tagline yang khas agar dapat diingat oleh para konsumennya. Dengan adanya branding tentu saja akan membuat identitas apotek akan semakin kuat dikenal masyarakat.

(Baca juga : Ini Dia! Sarana dan Prasarana yang Harus Ada di Apotek)

Membangun Citra dan Reputasi Apotek

Aktivitas branding juga bisa dimanfaatkan untuk membangun citra positif dan reputasi apotek. Citra dan reputasi yang baik tentang apotek akan membangun kepercayaan pelanggan, sehingga pelanggan akan puas membeli produk/jasa di apotek bahkan merekomendasikan ke keluarga dan temannya. Lebih lanjut, hal ini akan meningkatkan penjualan dan omzet apotek.

Untuk membangun citra yang positif, apotek harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan baik dari produk dan pelayanan yang baik. Termasuk memberi pelayanan farmasi klinik oleh Apoteker.

(Baca juga : Tujuh Penyebab Pelanggan Tidak Puas dan Malas Balik Lagi ke Apotek)

Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Aktivitas branding yang efektif dan disertai dengan kualitas produk ataupun jasa yang baik tentu saja akan mencuri perhatian para pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa bahwa tempat membeli kebutuhan obat dan produk kesehatan hanyalah di apotek Anda. Selanjutnya besar kemungkinan akan ada pembelian selanjutnya bahkan pelanggan dengan senang hati mengiklankan apotek Anda kepada orang lain. Namun, perlu diingat juga untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kualitas. Salah satunya dengan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan pelanggan. Contohnya memberikan promo program loyalitas kepada pelanggan, memberikan fasilitas konsultasi dan pembelian secara online serta pengantaran secara gratis (free delivery).

(Baca juga : Program Loyalitas Sebagai Strategi Pemasaran di Apotek)

Cara Melakukan Branding Bisnis Apotek

Braning bisnis apotek merupakan bentuk coorporate branding. Dimana branding dilakukan keseluruhan terhadap apotek, mulai dari produk atau pelayanan yang ditawarkan, kontribusi karyawan di mata pelanggan, hingga aktivitas tanggung jawab apotek. Tujuannya tentu untuk mengembangkan reputasi dan citra apotek yang positif di mata masyarakat. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan.

Menentukan Identitas Apotek

Perlu diingat dalam melakukan branding hal utama yang harus anda tentukan adalah elemen-elemen khusus yang akan menjadi identitas apotek seperti nama apotek, logo, tagline, warna dan ciri yang berbeda dengan apotek lainnya. Apotek harus memiliki identitas yang khas namun juga tetap memperhatikan ciri khusus dari apotek.

Melakukan Identifikasi Target Pasar

Sebelum menyusun rencana alangkah baiknya melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap masyarakat sekitar atau target pasar apotek Anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah menentukan program branding apa yang sesuai dengan hasil dari identifikasi tersebut. Misalnya, Anda membuka apotek di daerah pemukiman warga yang cenderung penduduknya adalah lansia. Anda dapat membuat program seperti layanan khusus pemeriksaan gula darah, tekanan darah, dan pelayanan farmasi ke rumah yang dapat menarik perhatian para pelanggan sekitar.

Menciptakan Pembeda

Bukankah yang berbeda itu biasanya mudah untuk diingat? Yup, sama halnya dengan melakukan branding apotek, Anda perlu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan apotek kompetitor untuk menarik perhatian para pelanggan. Misalnya dari segi pelayanan, pelayanan yang prima dan cepat dari karyawan, adanya pelayanan informasi obat yang cukup, dan konsultasi dengan apoteker secara online. Dari segi pembayaran, Anda bisa menerima berbagai macam metode pembayaran seperti tunai, transfer bank, dan QRIS. Anda juga bisa melakukan follow up terhadap pembelian pelanggan sehingga akan ada perasaan ’empati dan diperhatikan’ dari apotek. Di era digital seperti sekarang ini, Anda bisa menciptakan pembeda dengan melayani pembelian dan konsultasi online melalui WhatsApp dan website apotek yang dikelola mandiri. Sehingga pelanggan dapat dengan mudah berkonsultasi, berbelanja kebutuhannya, dan mengetahui produk yang dijual di apotek.

(Baca juga : Teknik Follow Up Pelanggan Apotek Menggunakan WhatsApp Tools)

Maka dari itu, sudah saatnya Anda memikirkan mengenai branding bisnis apotek Anda. Agar apotek tidak berjalan begitu-begitu saja dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan penjualan dan omzet apotek. Penggunaan software pengelola apotek yang lengkap dan handal seperti Apotek Digital dapat menjadi pilihan Anda untuk mengelola apotek lebih mudah disertai fitur untuk apotek #naiklevel. Fitur-fitur nya dapat Anda manfaatkan untuk melakukan branding apotek seperti point of sale yang cepat dan terintegrasi dengan data persediaan, program promosi, whatsapp tools, dan website apotek. Mau tahu fitur-fitur lainnya. Coba gratis disini.

(Baca juga : Pentingkah Menggunakan Software untuk Pengelolaan di Apotek?)

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *