Penerapan Barcode untuk Menghindari Kerugian di Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Barcode sering ditemui di kemasan produk dan pusat perbelanjaan. Bagi suatu bisnis termasuk apotek, lebih dari sekedar pelabelan, barcode menyimpan informasi dengan berbagai manfaat. Salah satunya untuk menghindari kerugian di apotek.

(Baca juga : Waspadai Kebocoran Keuangan di Apotek Anda!)

Barcode atau kode bar merupakan kode berupa susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan berbeda dan susunan tertentu. Kode ini memuat informasi terkait produk seperti identitas dan harga produk. Kode ini bisa dibaca dengan bantuan mesin yang disebut barcode scanner, bahkan sekarang kamera smartphone juga sudah bisa untuk memindai dan membaca kode bar. Ada dua jenis barcode yaitu satu dimensi (1D, kode berbentuk linear/garis) dan dua dimensi (2D, kode berbentuk dua dimensi, seperti QR code).

Contoh barcode 1 dimensi dan 2 dimensi

Manfaat Penerapan Barcode di Bisnis Apotek

Teknologi barcode sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bisnis, tidak terkecuali apotek. Bukan tanpa alasan, berikut beberapa manfaat jika Anda menerapkan sistem barcode di apotek Anda.

  1. Proses input data menjadi lebih cepat, sebab Anda hanya perlu melakukan scan terhadap kode bar. Jauh lebih cepat dibandingkan mencatat dan mengetik nama produk
  2. Proses input data menjadi lebih tepat. Karena kode bar yang bersifat unik untuk setiap produk, maka akan terhindar dari salah input produk
  3. Meminimalkan risiko salah input pada berbagai macam varian produk
  4. Mempercepat proses transaksi penjualan ketika di kasir
  5. Mempercepat proses stok opname dan input penerimaan produk
  6. Meningkatkan daya saing apotek karena pelayanan apotek menjadi lebih cepat dan minim kesalahan dibandingkan manual dan tanpa sistem barcode

(Baca juga : Apa Itu Barcode dan Manfaatnya Bagi Bisnis Apotek)

Penerapan Barcode untuk Menghindari Kerugian di Apotek

Tahukah Anda, bisnis retail apotek merupakan bisnis yang unik yang penuh dengan regulasi? Varian dan produk persediaan di apotek juga sangat beragam. Berbeda dengan toko retail umum yang mempunyai puluhan hingga ratusan item produk, di apotek jumlah item produk ini bisa ratusan hingga ribuan. Belum lagi banyaknya varian produk yang sangat berisiko untuk tertukar dan memicu kesalahan sehingga menyebabkan kerugian di apotek., seperti :

  • Perbedaan volume. Contohnya Minyak Kayu Putih Cap Lang 15 mL, 30 mL, 60 mL, 120 mL
  • Perbedaan kekuatan sediaan. Contohnya Valsartan 80 mg dan Valsartan 160 mg
  • Perbedaan penggunaan. Contohnya Apialys Drops dan Apialys Sirup
  • Varian rasa. Contohnya Cerebrofort Marine Gummy Rasa Tutti Fruity dan rasa Mango
  • Perbedaan manufacturer atau pabrik pembuat
  • Faktor produk yang LASA/NORUM (look alike sound alike). Contohnya Benoson N vs Benoson M dan Ponstan vs Opistan, dan Tetrasiklin vs Tetrakain

(Baca juga : Apa Itu Obat High Alert, Bagaimana Penyimpanannya di Apotek?)

Contohnya begini, untuk produk dengan brand My Baby saja ada begitu banyak produk dan variannya mulai dari bedak, minyak telon, cream dan lain-lain. Apa jadinya jika karyawan salah input penjualan dan salah produk? Tentu apotek bisa merugi dan data persediaan di apotek menjadi tidak akurat lagi.

Pada intinya, penerapan barcode bisa menghindari kerugian di apotek karena salah atau tertukar produk saat penjualan dan pembelian. Misalnya pelanggan mau beli Minyak Telon 60 mL, malah dikasih dan diinput penjualan yang Minyak Telon 100 mL. Yang merugi bisa saja apoteknya atau pelanggannya bergantung dari salahnya dimana.

Apa jadinya jika banyak produk yang tertukar dan salah? Produk yang tertukar bisa menjadi bahaya bagi pelanggan karena efek obatnya dan juga berbahaya bagi bisnis apotek secara keuangan. Kerugian pada keuangan ini disebabkan produk-produk tersebut memiliki harga atau HPP (harga pokok penjualan) yang berbeda. Harga yang salah ini akan mempengaruhi laporan keuangan di apotek, seperti laporan laba rugi. Dan juga berisiko banyaknya penyesuaian dan selisih ketika apotek melakukan stok opname. Inilah salah satu manfaat barcode untuk menghindari kerugian di apotek. Karena kode bar ini bersifat unik maka akan menghilangkan risiko salah input/salah pilih produk.

Manfaatkan Fitur Scan dan Cetak Barcode dari Software Apotek Digital

Software Apotek Digital merupakan sistem untuk mengelola apotek lebih mudah dan handal yang sudah dilengkapi dengan fitur Scan dan Cetak Barcode. Apotek bisa memasukkan informasi kode bar produk ke dalam sistem sehingga berbagai transaksi seperti Penjualan/Kasir, stok opname, dan input penerimaan produk dapat memanfaatkan scan barcode. Untuk melakukan scan ini, apotek bisa memanfaatkan mesin barcode scanner yang bisa langsung dihubungkan ke komputer/PC apotek bahkan Anda juga bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk melakukan scan. Proses transaksi dan input produk pun menjadi lebih mudah dan lebih tepat.

Bagaimana jika produk tidak dilengkapi barcode dari manufacturernya? Beberapa produk terutama obat memang tidak ada kode bar ini dari manufacturernya. Oleh karena itu, Anda bisa membuat dan mencetak sendiri kode bar ini melalui fitur Cetak Barcode. Sehingga setiap produk di apotek Anda sudah mempunyai kode bar. Mau tau fitur lainnya dari Apotek Digital? Coba gratis sekarang.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *