Mencetak Barcode Produk

Sistem barcode sudah banyak digunakan untuk membuat proses input data lebih cepat, lebih tepat, dan meminimalkan kesalahan pilih produk karena banyaknya variasi produk di apotek. Untuk produk yang tidak dilengkapi barcode dari principal seperti kemasan strip, maka apotek bisa membuat dan mencetak barcode atau QR code secara mandiri.

Cetak barcode bisa dari menu Daftar Produk atau menu Faktur Pembelian. Berikut langkah-langkahnya :

Mencetak Barcode dari Daftar Produk #

Melalui menu Persediaan > Daftar Produk > Klik ‘Cetak Barcode’. Pilih produk yang akan dicetak barcode-nya. Apotek bisa memilih kode yang dicetak (barcode atau SKU) dan jenis kode yang dicetak (barcode atau QR code). Beri tanda checklist pada informasi lain yang ingin ditampilkan seperti nama produk, teks kode, dan harga. Lalu klik ‘Cetak’.

Mencetak Barcode Ketika Input Faktur Pembelian #

Melalui menu Pembelian > Faktur Pembelian. Pilih faktur berisi produk yang mau dicetak barcode-nya. Klik tanda titik tiga di kolom actions. Pilih Cetak Barcode.

Note : Untuk mencetak barcode memerlukan printer khusus cetak barcode. Bisa konsultasikan dengan tim Apotek Digital untuk mengetahui lebih lanjut terkait printer khusus barcode ini

Untuk lebih detailnya, bisa kunjungi video tutorial berikut :

Pemanfaatan Scan Barcode di Apotek Digital #

Sistem barcode sudah banyak dimanfaatkan dalam bisnis retail untuk membuat input data lebih cepat, lebih tepat, terhindar dari kesalahan, dan mencegah kerugian karena salah produk. Banyaknya varian dan SKU produk di apotek, membuat risiko kesalahan input data bisa terjadi. Inilah manfaat penggunaan teknologi barcode. Scan barcode melalui Apotek Digital membutuhkan perangkat barcode scanner untuk versi web yang dihubungkan dengan komputer/laptop. Atau untuk penggunaan versi mobile app yang diunduh di Playstore dan Appstore, pengguna bisa melakukan scan barcode melalui kamera smartphone.

Pemanfaatan scan barcode di software Apotek Digital diantaranya :

  • Melakukan input penjualan di menu Penjualan > Kasir. Arahkan kursor ke kolom pencarian produk, lalu scan barcode/QR code produk
  • Melakukan stok opname
  • Mencari data produk di kolom pencarian Daftar Produk

Powered by BetterDocs