Pengelolaan Shift/Sesi

Pengelolaan shift/sesi meliputi cara masuk/buka shift, keluar/tutup shift, dan melihat laporan shift. Shift didefinisikan sistem kerja bergantian yang dilakukan beberapa orang dalam sehari.

Masuk/Buka Shift #

Setelah melakukan login ke aplikasi, pengguna akan masuk ke dalam shift. Namun sebelumnya, perlu menginput uang kasir di awal. Ada beberapa pilihan cara atau kondisi masuk shift, yaitu :

  • Untuk memulai shift baru (pengguna/user pertama yang masuk di shift tersebut), klik ‘Shift Baru
  • Untuk masuk ke shift yang telah dibuka oleh pengguna lainnya, klik ‘Gabung Shift’. Ketika pengguna/karyawan gabung shift maka laporan shift akan digabung dengan user lainnya yang bergabung di shift tersebut
  • Untuk masuk tanpa bergabung di shift, klik ‘Masuk Tanpa Shift’. Biasanya digunakan agar tidak mengganggu rekap data transaksi di shift tersebut. Misalnya untuk owner yang ingin memantau apotek.

Owner/akun admin bisa membatasi jumlah shift yang aktif di menu Pengaturan > Konfigurasi > Pengaturan Umum. Masukkan uang kasir awal yang ada dan pilih shiftnya. Anda juga dapat mengaktifkan kamera dan lokasi untuk mengetahui posisi karyawan ketika login, demi keamanan atau privacy data apotek Anda. Anda juga dapat mengunci shift dengan mengaktifkan icon lock, sehingga karyawan selanjutnya yang akan login akan diminta untuk memasukkan kode PIN yang hanya ada di shift tersebut.

Keluar/Tutup Shift #

Informasi shift berjalan (Kode Shift) dan pengguna terdapat di tampilan bagian atas pada aplikasi Apotek Digital. Menu untuk keluar shift berada di pojok kanan atas. Untuk keluar dari shift, klik ‘Keluar Shift’, sedangkan untuk melakukan penutupan shift (pengguna terakhir di shift tersebut), klik ‘Tutup Shift’, sistem akan merekap semua transaksi di shift tersebut dan membuatkan laporan shift. Isikan uang fisik di kasir. Owner bisa menyembunyikan data uang perhitungan oleh sistem di menu Pengaturan > Konfigurasi > Pengaturan Umum.

Melihat Laporan Shift #

Untuk melihat daftar shift dan laporan shift dapat dilakukan di menu Menajemen Pengguna > Daftar Shift/Sesi. Disini bisa dilihat kode shift, riwayat buka-tutup shift-nya, dan laporan rekap transaksi di shift tersebut. Untuk informasi detail klik ‘Detail’. Disini bisa dilihat juga Rekap Transaksi dan Riwayat Shift.

Untuk lebih detail dan jelasnya, Anda bisa melihat video tutorial tentang Manajemen Shift berikut :

Powered by BetterDocs