Mengatur Multi Harga Jual

Apotek Digital tidak membatasi jumlah harga jual pada produk. Sehingga pengguna dapat mengatur beberapa harga jual yaitu harga jual utama, harga jual alternatif, dan harga jual online (khusus penjualan online) bergantung kebijakan masing-masing apotek. 

Pengaturan ini melekat pada Master Produk. Sehingga, pengaturannya merupakan bagian dari pengisian master produk. Ada beberapa jenis harga jual produk, yaitu :

  1. Harga jual utama = wajib diisi, merupakan harga jual untuk satuan utama
  2. Harga jual alternatif = beberapa harga jual custom yang dapat diatur oleh pengguna (harga dan peruntukannya). Ada beberapa jenis multi harga alternatif, yaitu fleksibel, grosir, dan membership
  3. Harga jual online = harga khusus penjualan online, misal khusus di kanal webiste apotek digikes, marketplace tokopedia, shopee, harga khusus halodoc, dan lain-lain

Mengatur Harga Jual Alternatif : Fleksibel #

  1. Klik jenis multiharga fleksibel. Untuk menambahkan harga jual, klik ‘Tambah Harga Jual Alternatif’
  2. Isi harga jual satuannya
  3. Isi keterangan atau peruntukannya, misal ‘nakes’ (harga khusus tenaga kesehatan), ‘rekanan’ (harga khusus apotek rekanan), ‘karyawan’ (harga khusus karyawan). Lalu simpan
  4. Untuk menambahkan lagi, klik ‘Tambah Harga Jual Alternatif’ kembali. Jika sudah selesai klik Simpan.

Mengatur Harga Jual Alternatif : Grosir #

  1. Klik jenis multiharga grosir. Untuk menambahkan harga jual, klik ‘Tambah Harga Jual Alternatif’
  2. Isi harga jual satuannya untuk pembelian grosir
  3. Isi jumlah minimal pembelian grosir yang akan dikenakan harga khusus, misal ≥10. Klik Simpan

Mengatur Harga Jual Alternatif : Membership #

  1. Pastikan kode membership sudah diisi di Master Membership (menu Master Data > Master Membership >Tambah Membership). Misal member Platinum – PLTN

2. Pilih pelanggan yang akan diberi kode member di menu Kontak > Pelanggan > Tambah. Lalu isikan data pelangga termasuk pilih kode membership pelanggannya.

3. Untuk mengatur harga produk khusus member, klik menu Master Data > Master Produk > Tambah Produk atau Edit Produk yang sudah pernah diinput.

4. Klik jenis multiharga membership. Untuk menambahkan harga jual, klik ‘Tambah Harga Jual Alternatif

5. Isi harga jual satuannya. Pilih kode membership yang akan dikenakan harga jual tersebut. Kode membership yang bisa dipilih adalah kode yang sebelumnya sudah didaftarkan di Master Membership. Klik Simpan.

Mengatur Harga Jual Online #

Pengguna juga dapat mengatur harga khusus penjualan online seperti penjualan di website apotek online (digikes), marketplace tokopedia, shopee, halodoc, dan lain-lain.

  1. Pilih Harga Jual Online. Untuk menambahkan harga jual, klik ‘Tambah Harga Jual Online
  2. Isi harga jual satuannya dan pilih Kanal Penjualan.

Powered by BetterDocs