Master Data

QSaya sudah masukkan produknya satu per satu. Kalau saya masukkan sekaligus dari master data, apakah datanya jadi double dari data yang sudah dimasukkan sebelumnya?
AKalau menggunakan fitur tambah sekaligus maka akan diabaikan produk yg sku nya sudah terdaftar. Tapi kalau datanya sama tapi SKUnya di ubah, bisa gunakan fitur ubah sekaligus. Kalau sudah terlanjur menambahkan beberapa produk dan mau menambahkan sisanya, bisa pake fitur tambahkan sekaligus dan cukup tambahkan produk lainnya yang belum diupload.
QBagaimana cara menambahkan harga khusus resep?
ADi master produk, edit produknya, tambahkan harga jual alternatif jenis ‘fleksibel’. Tambahkan harga jualnya dengan keterangan ‘harga resep’ misalnya.
QBagaimana cara membuat 2 harga yg berbeda? Misal harga jual vitacimin per tablet 1500 tapi kalau dijual per strip harganya 13000. 1 stripnya ada 10 tablet.
A1. Di master data, masukkan satuan utamanya ‘tablet’
2. Set harga jual utamanya 1500
3. Tambahkan harga jual alternatif jenis ‘fleksibel’ dengan keterangan ‘harga per strip’ dan harga jual per tabletnya 1300. (13000/10 = 1300)
QKenapa harga pokok di Daftar Produk dan di Master Produk tidak sama?
ADaftar produk: harga pokok stok dari pembelian (yang diinput saat pencatatan faktur). Satu produk bisa punya beberapa harga pokok tergantung faktur nya (makanya ada yg punya range)
Form: harga pokok referensi yang dijadikan referensi untuk menentukan harga jual. Di form edit produk, silahkan klik tanda refresh kalau mau menggunakan harga pokok tertinggi dari pembelian sebagai referensi.
Jadi nilainya bisa beda bisa sama, tapi tidak selalu sama.
Penjelasan dalam bentuk video
QBila obat yang sama disimpan di tempat yg berbeda, ada di rak obat di apotek dan ada yang di gudang khusus penyimpanan. Bagaimana inputnya?
ABisa dibagi jadi 2 gudang:
Gudang Utama => rak (default, dan otomatis terpilih di kasir)
Gudang Penyimpanan => gudang untuk penyimpanan
QUntuk template master data sekaligus, tidak ada kolom margin. Jadi apakah marginnya dimasukkan manual?
ADi master produk memang tidak ada kolom margin. Margin hanya untuk membantu menghitungkan harga jual saja, sementara yang diinput hanya harga jual akhirnya. Jadi harga jualnya bisa hitung manual di excel dulu, kemudian di copas 1 kolom harga jual ke template master data.
QDi form tambah produk, bagian paling bawah ada “Perhitungan Komisi Penjualan”, apa maksudnya?
ABisa digunakan kalau ada sistem komisi setiap produknya terjual. Misal, ada komisi untuk sales atau kasir yang bertugas.
QSaya berencana untuk update harga beli dan harga jual sekaligus. Apakah ini akan mempengaruhi input harga beli di history pembelian?
ATidak masalah, transaksi yg sudah tercatat tidak akan terpengaruh.

Untuk mengubah referensi harga beli dan harga jual, bisa dilakukan melalui menu master data > master produk > klik tombol aksi > pilih ubah sekaligus > klik tombol ‘download data terakhir’. Edit data menggunakan excel yg sudah di download, lalu upload kembali di tempat yang sama.

Notes: pastikan untuk tidak mengubah format awal
QBagaimana ketentuan SKU(kode produk)?
AHuruf besar semua tanpa spasi dan tanpa karakter aneh.
QBagaimana menambahkan produk untuk pelayanan seperti pemeriksaan gula darah?
ATambahkan di master produk seperti biasa, tapi dengan tipe jasa. Kalau misalnya juga ada stok barang yang dipotong, bisa buat paket produk aja, di dalam paket produknya masukkan jasa dan barang yang digunakan.
QKalau jenis obat keras, oot, prekursor, bebas itu dimasukkan kemana?
ADi master kategori, kemudian edit produk yang mau ditambahkan kategori, lalu pilih kategorinya.
QBagaimana jika ingin ubah satuan di saat produk tersebut masih ada stoknya?
AUntuk satuan utama jika diubah maka laporan penjualan yang udah lama kalau ditotal jadinya tidak valid. Karena untuk pencatatan keluar masuk stok semuanya dikonversi ke satuan utama. Tapi kalau satuan lainnya diubah ga masalah.

Kalau memang satuan utama yang harus diubah, sebaiknya buat master baru saja.
QApakah SKU bisa diedit?
ABisa. Tapi pastikan SKU nya unik(berbeda-beda) untuk setiap produk.

Powered by BetterDocs