Membuat dan Memantau Pesanan Pembelian

Membuat Pesanan Pembelian #

Pesanan di apotek dilakukan menggunakan Surat Pesanan (SP) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk membuatnya, pengguna bisa melanjutkan dari Rencana Pembelian yang telah dibuat sebelumnya, lalu checklist produk yang mau dibeli, klik +Buat Pesanan Pembelian. Secara otomatis rencana akan menjadi pesanan. Atau melalui halaman Pesanan Pembelian, klik +Buat Pesanan.

Kemudian isi formulir seperti nama supplier, nomor SP (jika nomor SP otomatis, bisa dikosongkan), tanggal, jenis surat pesanan, metode pembayaran, dan jatuh tempo pembayaran jika metodenya kredit. Pilih/isikan produk yang akan dibeli. Pilih Apoteker pembuat SP (dibagian bawah), lalu klik ‘Simpan’. Nama Apoteker yang tertera sesuai dengan nama Apoteker yang didaftarkan di menu Pengaturan > Profil Apotek.

Note : Menurut peraturan, ada beberapa jenis surat pesanan berdasarkan jenis obat/produk yang akan dibeli. Yaitu dibedakan menjadi surat pesanan biasa, khusus prekursor farmasi, khusus OOT, khusus psikotropika, dan khusus narkotik.

Setelah tersimpan, pesanan akan muncul di halaman Pesanan Pembelian. Untuk mendownload Surat Pesanan otomatis dari software Apotek Digital, cari pesanannya lalu klik tombol ‘Download’. Pengguna bisa memanfaatkan SP otomatis dalam format PDF ini, sehingga bisa langsung print dan ditandatangani untuk diserahkan kepada supplier/PBF.

Melihat dan Memantau Pesanan Pembelian #

Pengguna dapat memantau pesanan berdasarkan filter (pesanan aktif/belum diterima, pesanan selesai/sudah diterima, atau trash) atau mencari berdasarkan nomor SP. Untuk melihat dan mencetak SP (Surat Pesanan) dapat mengklik action Download’. Pengguna juga dapat merevisi surat pesanan dengan mengklik action Revisi’. Apabila pesanan sudah diterima, klik action Terima’, sehingga status pesanan akan menjadi CLOSED.

Powered by BetterDocs