Daftar Produk

Menu Persediaan > Daftar Produk berisi semua informasi mengenai produk dan persediaan yang ada di apotek. Pengguna dapat melihat stok, label status, harga pokok, harga jual, markup, status, dan kartu stok digitalnya. Pengguna juga bisa melihat data produk didasarkan filter yang dipilih, diantaranya filter gudang, filter status, filter kategori, dan filter rak. Data produk ini bisa di-export ke dalam file excel dengan mengklik ‘Export‘.

Terdapat label pada produk yang berpotensi rugi, stok negatif, dan konsinyasi sehingga pengguna dapat mengambil tindakan dengan cepat dengan mengklik ‘tanda titik tiga’ di samping kanan produk seperti opsi beli, sesuaikan stok, atau edit. Berikut penjelasan mengenai beberapa label produk :

  • Berpotensi rugi = yaitu produk yang setidaknya salah satu harga belinya melebihi salah satu harga jual
  • Stok negatif, yaitu produk yang setidaknya salah satu stoknya bernilai negatif

Melihat Kartu Stok Digital #

Kartu stok tercatat secara otomatis setiap pengguna menginput transaksi pembelian produk dan pengeluaran/penjualan produk. Informasi yang ada di kartu stok sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk melihat kartu stok digital produk, klik action Kartu Stok’ dari produk. Kartu stok juga dapat di-export ke dalam file Excel dengan mengklik ‘Export’ pada kartu stok.

Menambahkan Daftar Produk #

Pengguna dapat menambahkan master produk yang belum terdaftar di apotek melalui menu Daftar Produk ini. Klik ‘Tambahkan Produk‘ di halaman Daftar Produk. Lalu isi informasi produk, seperti informasi dasar produk, harga produk, informasi tambahan. Untuk petunjuk pengisian, sama seperti saat Anda melakukan input data Master Produk secara satu-satu. Lalu klik ‘Simpan‘.

Mengedit Data Produk #

Pengguna bisa mengedit data produk, misalnya ingin mengubah harga jual utama, ingin menambahkan informasi zat aktif produk, atau ingin menambahkan harga jual alternatif. Caranya pilih produknya, lalu klik action tanda titik tiga di samping kanan, pilih ‘Edit‘. Lalu edit data yang diperlukan. Setelah selesai, klik ‘Simpan‘.

Mencetak Barcode Produk #

Sistem barcode sudah banyak digunakan untuk membuat proses input data lebih cepat, lebih tepat, dan meminimalkan kesalahan pilih produk karena banyaknya variasi produk di apotek. Untuk produk yang tidak dilengkapi barcode dari principal seperti kemasan strip, maka apotek bisa membuat dan mencetak barcode-nya secara mandiri.

Melalui menu Daftar Produk > klik ‘Cetak Barcode’. Pilih produk yang akan dicetak barcode-nya. Apotek bisa memilih kode yang dicetak, apakah barcode atau SKU. Beri tanda checklist pada informasi lain yang ingin ditampilkan seperti nama produk, nama apotek, teks kode, dan harga. Lalu klik ‘Cetak’. Pencetakan barcode ini memerlukan perangkat tambahan yaitu printer stiker atau printer barcode.

Powered by BetterDocs