Menambahkan Master Produk

Menambahkan master produk yang tersedia pada apotek dapat dilakukan di awal menggunakan aplikasi Apotek Digital agar semua transaksi dan produk dapat terdokumentasi oleh sistem.

Anda dapat mengakses fitur input master data melalui menu Master Data pada sebelah kiri layar, kemudian pilih opsi Master Produk.

Menampilkan Menu Master Produk

Ada dua opsi untuk input master produk pada akun apotek, yaitu dengan cara menambahkan satu per satu, atau secara sekaligus melalui file excel.

Berikut video tutorial contoh menambahkan produk ke Master Produk:

Menambahkan Master Produk Satu per Satu #

Berikut adalah panduan menambah produk secara satu per satu:

1. Tekan tombol ‘Aksi’ pada bagian kanan layar, lalu pilih ‘Tambah Produk’ untuk menampilkan layar tambah produk.

2. Pada layar Tambah Produk, pilih tipe produk yang akan ditambahkan: Obat, Alkes, Umum, atau Jasa. Kemudian, isi keterangan produk yang akan ditambahkan.

Tampilan Layar Tambah Produk

3. Masukkan satuan produk yang akan ditambahkan. Anda dapat memilih satuan yang telah didaftarkan pada menu Master Satuan atau anda dapat menambahkan satuan baru. Untuk menambahkan satuan baru, pilih tombol “+” pada bagian sebelah kanan kolom pilih satuan. Pastikan anda belum pernah menambahkan satuan tersebut pada menu Master Satuan.

Tampilan Layar Tambah Satuan Kemasan

4. Apabila produk yang akan anda tambahkan memiliki lebih dari satu satuan, anda juga dapat menambahkan satuan lain untuk produk tersebut. Tekan tombol Tambah Satuan Lainnya untuk menambahkan satuan lain produk tersebut. Masukkan nilai satuan lainnya sesuai yang dimaksud.

5. Anda dapat menambahkan harga produk sesuai dengan harga pokok dan harga jual yang ditentukan. Selain itu, anda juga dapat menambahkan harga alternatif dan harga jual yang dicantumkan apabila melayani pembelian via kanal penjualan online.

6. Pada bagian informasi tambahan, ada dapat menambahkan informasi zat aktif produk. Selain itu, anda dapat menambahkan lokasi penyimpanan produk pada rak penyimpanan yang telah ditambahkan pada menu Master Rak. Untuk menambahkan rak baru, pilih tombol “+” pada bagian sebelah kanan kolom pilih satuan. Pastikan anda belum pernah menambahkan satuan tersebut pada menu Master Rak.

7. Setelah anda selesai menambahkan informasi produk, tekan tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan produk ke dalam Master Produk.

Menambahkan Master Produk Sekaligus #

Berikut adalah panduan menambah produk secara sekaligus:

1. Tekan tombol Aksi pada bagian kanan layar, lalu pilih Tambah Sekaligus untuk menampilkan layar tambah produk.

2. Anda akan dialihkan menuju halaman pengunduhan file template untuk pengisian data produk.

3. Isi data produk pada file tersebut, kemudian unggah dengan menekan tombol Pilih File.

4. Apabila tidak terdapat masalah, data diap dimasukkan ke dalam sistem, lalu tekan tombol Kirim. Produk yang telah ditambahkan bisa dilihat pada menu Master Produk.

Contoh input data yang berhasil.

Powered by BetterDocs