Analisis Pareto/ABC

Melihat Hasil Analisis Pareto/ABC #

Analisis ini menampilkan klasifikasi produk berdasarkan kontribusi kumulatif penjualan dan keuntungan produk. Klasifikasi produk berdasarkan besarnya nilai (value) yang dihasilkan oleh persediaan tersebut yang digolongkan menjadi kelas A (prioritas tinggi), B (prioritas menengah), dan C (prioritas rendah). 

Pengguna bisa melihat hasil analisis pareto berdasarkan waktu tertentu yang bersifat fleksibel, misal pareto dalam sebulan, 3 bulan, 6 bulan terakhir, atau custom dengan mengatur filter tanggal. Untuk mendownload data ke dalam file excel, klik ‘Export‘.

Ada dua jenis analisis pareto, yaitu :

  • Berdasarkan total penjualan : kelas A memiliki persentase kumulatif 80% terhadap total penjualan, kelas B 15% terhadap total penjualan, dan kelas C 5% terhadap total penjualan.
  • Berdasarkan keuntungan : kelas A memiliki persentase kumulatif 80% terhadap keuntungan, kelas B menyumbang 15% terhadap keuntungan, dan kelas C menyumbang 5% terhadap total keuntungan.

Memasukkan Produk ke dalam Rencana Pembelian #

Analisis pareto (ABC) dapat digunakan untuk membuat Rencana Pembelian sehingga pengadaan menjadi lebih efektif. Pengguna dapat memilih untuk membeli produk yang diprioritaskan melalui action Beli’, lalu isi kuantitas dan supplier.

Membandingkan Harga Supplier #

Setelah mengklik ‘Beli‘ pada produk, pengguna bisa memanfaatkan Analisis Perbandingan Harga Supplier dengan melihat riwayat pembelian dari supplier yang pernah masuk sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih supplier dengan riwayat harga beli terendah. Jika sudah ditambahkan, maka produk akan masuk ke keranjang ‘Rencana Pembelian’.

Powered by BetterDocs