Pentingnya Membuat Neraca Keuangan di Bisnis Apotek

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Neraca keuangan (balance sheet) adalah salah satu bentuk laporan keuangan yang penting dibuat di apotek. Laporan keuangan ini berisi informasi mengenai kondisi keuangan bisnis/perusahaan yang dapat dipakai untuk menilai kinerja bisnis dalam periode waktu tertentu. Laporan neraca mencatat informasi terkait aset, kewajiban bayar pada pihak tertentu, dan modal pada waktu tertentu.

(Baca juga : Cara Membuat Laporan Laba Rugi di Apotek)

Pentingnya Membuat Neraca Keuangan

Neraca keuangan merupakan laporan mengenai posisi keuangan pada satu titik waktu tertentu. Laporan ini mencatat informasi terkait aset, kewajiban bayar pada pihak tertentu, dan modal pada waktu tertentu. Apa manfaatnya bagi pebisnis apotek? Sehingga pebisnis apotek dapat mengetahui kondisi aset, kewajiban pembayaran, dan modal pemilik saham.

Neraca memungkinkan penggunanya dapat melihat secara cepat tentang aset dan kewajiban perusahaan. Serta dapat menjawab pertanyaan seperti, Apakah perusahaan/bisnis apotek memiliki kekayaan bersih yang positif? Apakah bisnis apotek mempunyai cukup aset dan uang tunai untuk menutupi kewajibannya? Apakah bisnis apotek mempunyai hutang yang tinggi? Maka dari itu, laporan ini penting untuk membantu pebisnis dalam mengelola keuangan di bisnis apoteknya, menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, serta mengetahui cerminan dari bisnis (artinya bagaimana usaha apotek berjalan dalam satu periode).

Komponen Neraca Keuangan

Terdapat rumus untuk menghitung keseimbangan aset usaha apotek dengan kewajiban dan ekuitasnya, yaitu : Total Aset = Total Kewajiban + Total Ekuitas. Laporan neraca memiliki tiga komponen utama, yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas/modal.

a. Aset

Adalah segala sesuatu yang dimiliki perusahaan/bisnis yang dapat dilikuidisasi atau dapat diubah menjadi uang tunai. Aset ini yang biasanya digunakan untuk kebutuhan dan operasional usaha. Setidaknya ada beberapa jenis aset, yaitu :

  • Aset lancar, yaitu yang dapat dikonversi dengan mudah menjadi uang tunai dalam jangka waktu cepat misalnya 1 tahun. Contohnya kas/setara kas (saldo kas, rekening giro), persediaan/inventori apotek, investasi jangka pendek (deposito, reksadana), dan piutang usaha (penagihan terhadap pelanggan)
  • Aset tetap atau tidak lancar yaitu yang konversi menjadi uang tunainya lebih lama, lebih dari 1 tahun. Contohnya bangunan, peralatan/perlengkapan apotek, dan hak milik intelektual seperti hak paten.

b. Kewajiban atau Liabilitas

Kewajiban adalah utang perusahaan/bisnis apotek yang harus dibayarkan ke pihak lain, baik dalam jangka waktu panjang ataupun pendek. Di bisnis apotek biasanya berbentuk hutang usaha (seperti hutang kepada PBF karena pembayaran kredit) dan hutang konsinyasi (yaitu jumlah yang harus dibayarkan pada pihak penitip produk di apotek).

(Baca juga : Sistem Konsinyasi untuk Melengkapi Produk di Apotek)

c. Ekuitas

Adalah yang mencerminkan kepemilikan, kekayaan bersih perusahaan, dan mencerminkan jumlah uang yang tersisa jika semua kewajiban dibayar dan semua aset dijual. Ekuitas merupakan selisih antara nilai aset dan hutang. Terdapat dua jenis yaitu saham disetor dan laba/rugi tertahan.

Laporan Neraca Keuangan Otomatis dan Akurat dengan Software Apotek Digital

Setidaknya pebisnis apotek harus rutin dan cermat dalam mencatat setiap transaksi keuangan di apotek apabila ingin membuat laporan keuangan apotek dengan baik. Mengingat pentingnya membuat berbagai macam laporan di apotek, termasuk neraca keuangan (balance sheet), maka penting untuk memastikan bahwa laporan ini dibuat secara rutin dan teliti.

Software khusus apotek yaitu Apotek Digital membantu pebisnis apotek naik level dalam melakukan pengelolaan di apotek, termasuk dalam membuat berbagai laporan di apotek. Apotek Digital dapat membuatkan berbagai laporan keuangan di apotek, seperti laporan laba rugi, neraca keuangan, dan buku kas. Semua dibuat secara otomatis dan akurat berdasarkan semua transaksi yang diinput ke sistem. Laporan neraca keuangan dibuat secara otomatis berdasarkan semua transaksi di apotek. Laporan juga dapat diunduh dalam format PDF untuk kemudahan evaluasi dan penyusunan strategi bisnis apotek Anda.

Contoh laporan neraca keuangan di software Apotek Digital

Referensi :

Alula, 23 Feb 2023, Mengenal Laporan Neraca : Komponen, Fungsi, dan Rumus Menghitung Neraca [artikel online]

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *