Kisah Bisnis Apotek : Omzet Naik Lima Kali Lipat Sejak Menggunakan Software

apt. Nurul Ayesya, S.Farm 2 min read

Menjadi pebisnis apotek merupakan impian banyak lulusan farmasi dan Apoteker. Selain sebagai sarana pelayanan kefarmasian tempat dimana Apoteker dapat melakukan pelayanan, bisnis apotek juga bisa memberikan keuntungan yang tidak terbatas. Terlebih jika Apoteker juga merupakan pemilik sarana apotek (PSA) dan terus mau belajar untuk meningkatkan layanan dan performa apoteknya. Salah satunya cerita bagaimana Apoteker sekaligus pemilik sarana apotek terus meningkatkan performa dan omzet apoteknya. Berikut kisah bisnis apotek yang omzet apoteknya bisa naik 5x lipat dengan memanfaatkan software Apotek Digital di apoteknya.

Kisah inspiratif bisnis apotek kali ini berasal dari Apoteker Muthmainnah yang akrab dipanggil Apt. Mumut yang merupakan owner dari Apotek Sejahtera Medika yang berlokasi di Bangkalan, Jawa Timur. Apt. Mumut sudah beberapa tahun membangun bisnis apotek dan menyadari pentingnya penggunakan sistem dalam pengelolaan apotek. Sehingga beliau sempat mencoba dan memakai beberapa sistem sebagai partner dalam pengelolaan apoteknya.

Foto Tampak Depan Apotek Sejahtera Medika, Bangkalan

(Baca juga : Pentingkah Menggunakan Software untuk Pengelolaan di Apotek?)

Dari Software Offline hingga Software Online

Sebagai pebisnis apotek, sudah seharusnya tidak berfokus pada urusan operasional semata. Untuk bisa fokus terhadap strategi pengembangan apotek, pebisnis apotek dapat memanfaatkan bantuan sistem/software.

Ketika memilih software yang paling cocok, Apt Mumut juga dihadapkan pada pilihan software offline atau online. Apt Mumut sebelumnya sudah menggunakan software offline yang di-install langsung di komputer/PC apotek dengan sistem beli putus. Namun, Apt Mumut tidak puas karena pemantauan apotek tidak bisa dilakukan dimana saja kapan saja. Tidak bisa memonitor dan mengontrol kondisi dan performa apotek dari luar apotek.

Maka dari itu, Apt. Mumut mencari software online dan sudah mencoba beberapa software online lainnya hingga kini memutuskan menggunakan Apotek Digital sejak Mei 2022. Setelah melakukan trial, mengikuti sesi demo aplikasi, dan mencoba-coba langsung.

(Baca juga : Skill yang Harus Dimiliki Apoteker sebagai Pebisnis Apotek)

Pangalaman Setelah Menggunakan Apotek Digital

Setelah menggunakan software Apotek Digital sejak Mei tahun 2022, ada banyak manfaat yang dirasakan Apt Mumut dalam perkembangan bisnis apoteknya. Jika dulu Beliau tidak bisa memantau kondisi apotek dari luar apotek, sekarang kondisi dan performa apotek bisa dipantau dari mana saja kapan saja menggunakan smartphone, laptop, maupun tablet.

Yang membuat Apt Mumut puas terutama sistem yang simple, mudah dipahami, dan mudah digunakan. Jumlah perangkat yang bisa akses juga tidak dibatasi, sehingga setiap karyawan bisa dibuatkan masing-masing akun dengan pembatasan hak akses yang detail dan jelas.

Fitur dan layanan yang sangat berkesan selama menggunakan Apotek Digital?

Apt Mumut mengaku bersyukur, Alhamdulillah omzet apotek bisa naik 5x lipat sejak menggunakan Apotek Digital. Tentu ini bisa dicapai tidak hanya karena handalnya sistem, tetapi juga ketekunan Apt Mumut dan tim di apotek yang terus berupaya untuk meningkatkan layanan, penjualan, dan mencegah berbagai celah kerugian yang bisa terjadi di apotek.

Untuk fitur dan layanan yang sangat berkesan, Apt Mumut mengaku bahwa adanya fitur input faktur yang mudah, berbagai analisis terutama dalam pengadaan dan analisis harga, sistem barcode, dan pelacakan barang minus dan akan expired mudah dilakukan. Data yang akurat dan analisis yang tepat tentu akan membuat pengambilan keputusan dan strategi bisnis semakin menguntungkan. Beliau juga mengapresiasi tim support Apotek Digital yang fast response ketika ditanya dan menampung berbagai usulan untuk pengembangan sistem. Ini pun sejalan dengan misi Apotek Digital untuk terus tumbuh bersama mitra apotek pengguna.

Penggunaan Apotek Digital di Apotek Sejahtera Medika

Sebagai pebisnis apotek, sudah seharusnya Anda tidak berfokus pada operasional apotek semata. Pebisnis harus fokus pada strategi pengembangan usaha agar bisnis yang dijalani terus tumbuh dan berkembang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan sistem atau software yang akan membantu Anda baik dalam mencatat, menyediakan data dan analisis hingga kegiatan pengelolaan. Bisa dibayangkan bagaimana jika hingga saat ini Anda masih dipusingkan dengan urusan pencatatan kartu stok, pembuatan laporan, hingga mengecek status ketersediaan stok apotek. Tentu, ini akan menghabiskan banyak waktu dan memusingkan Anda. Inilah salah satu keuntungan menggunakan sistem di apotek. Bagaimana, ingin mencoba juga? Yuk Coba gratis, sekarang.

Apotek Digital - Software Apotek Handal, Lengkap, dan Mudah. Yuk daftar di sini Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *